CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.386.000   -14.000   -1,00%
  • USD/IDR 16.295
  • IDX 7.288   47,89   0,66%
  • KOMPAS100 1.141   4,85   0,43%
  • LQ45 920   4,23   0,46%
  • ISSI 218   1,27   0,58%
  • IDX30 460   1,81   0,40%
  • IDXHIDIV20 553   3,30   0,60%
  • IDX80 128   0,57   0,44%
  • IDXV30 130   1,52   1,18%
  • IDXQ30 155   0,78   0,50%

InJourney Group Cetak Laba Rp 1,14 Triliun pada Kuartal III-2023


Senin, 20 November 2023 / 11:15 WIB
InJourney Group Cetak Laba Rp 1,14 Triliun pada Kuartal III-2023
ILUSTRASI. laba bersih konsolidasi InJourney Group sebesar Rp 1,14 triliun per kuartal III-2023


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney berhasil membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 1,14 triliun per kuartal III-2023. Angka ini membalikkan kerugian sebesar Rp 2,16 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Peningkatan secara signifikan juga terjadi pada angka EBITDA yaitu tercatat sebesar Rp 7,27 triliun pada kuartal III-2023. Angka ini mengalami pertumbuhan sebesar 120% dibanding Rp 3,31 triliun di kuartal III-2022.

Perolehan laba tersebut sejalan dengan kenaikan pendapatan di InJourney Group. Pada kuartal III-2023, InJourney berhasil membukukan pendapatan operasional Rp 17,42 triliun, meningkat hingga 58% jika dibandingkan pendapatan pada periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp 11,05 triliun.

Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria menyatakan, kenaikan kinerja InJourney didukung oleh kolaborasi antara induk dan anak perusahaan serta sinergi antar stakeholders yang baik meski di tengah kondisi perekonomian yang menantang.

“Meski begitu, hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi industri pariwisata dan pendukungnya,” ungkap Dony, dalam siaran pers, Senin (20/11).

Dia melanjutkan, dengan menerapkan strategic objective “boosting tourism recovery” pada tahun 2023, InJourney berhasil menunjukkan performa yang positif pada periode kuartal III-2023. Terdapat berbagai strategi yang dilakukan, salah satunya berkolaborasi dengan key airlines untuk meningkatkan jumlah direct flight baik domestik maupun internasional.

Baca Juga: Likupang Mendapatkan Pelatihan Hospitality dari InJourney

Di samping itu, InJourney juga melakukan penguatan kinerja usaha bandar udara, di mana salah satunya adalah dengan meningkatkan bisnis non aero di bandara-bandara yang dikelola oleh anggota holding InJourney, yaitu PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II.

InJourney pun tetap berkomitmen untuk terus melakukan program-program pengembangan destinasi pariwisata. Pada bulan September lalu, InJourney meluncurkan wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang harapannya akan menjadi sebuah ikon besar pariwisata di Jakarta dan juga tentu saja di Indonesia.

Selanjutnya, InJourney juga memastikan bahwa pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sanur dapat berjalan optimal dan sukses untuk menjadi terobosan baru dalam sejarah industri pariwisata dan kesehatan di Indonesia.

Dari sisi angkutan udara, selama periode Januari hingga September 2023, tercatat ada 110,57 juta penumpang yang terbang melalui bandar udara InJourney. Angka itu berarti tumbuh 36,55% year on year (yoy).

Sejalan dengan peningkatan trafik penumpang, lalu lintas pergerakan pesawat di bandara InJourney juga meningkat hingga 14,78% yoy menjadi 871,21 ribu pergerakan.

Trafik penumpang, pesawat, dan kargo di bandara InJourney hingga akhir tahun 2023 berturut-turut diperkirakan mencapai angka 147,34 juta penumpang atau 85,51% dari level pra pandemi, pergerakan pesawat diperkirakan mencapai 1,19 juta atau 82,34% dari level prapandemi, sedangkan kinerja kargo bahkan sudah melebihi level sebelum pandemi yakni mencapai 1,20 juta ton, atau berarti 101,09% dari level 2019.

Baca Juga: AirAsia Indonesia (CMPP) Raih Kinerja Positif hingga Kuartal III-2023

“Meski trafik penumpang dan pergerakan pesawat belum menyamai level sebelum pandemi di tahun 2019, akan tetapi InJourney tetap optimistis bahwa industri pariwisata Indonesia akan terus tumbuh,” jelasnya.

Untuk itu, InJourney berkomitmen mengembangkan destinasi-destinasi pariwisata termasuk dengan menggelar berbagai event yang menarik, sehingga lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke berbagai destinasi pariwisata di Indonesia.

Adapun, untuk menciptakan trafik wisatawan, InJourney berkolaborasi dengan berbagai pihak menyelenggarakan berbagai event baik berskala nasional dan internasional.

Hingga kuartal III-2023, InJourney telah sukses menyelenggarakan F1Powerboat di Danau Toba, WSBK, Festival Purnama Waisak di Borobudur, Asian Road Racing Championship (ARRC), MotoGP.

“Dan dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan Pesta Rakyat Danau Toba dan Aquabike Jetski World Championship di Danau Toba pada 22-26 November 2023 mendatang,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligence with Ms Excel Sales for Non-Sales (Sales for Non-Sales Bukan Orang Sales, Bisa Menjual?)

[X]
×