kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intiland garap perumahan di Surabaya Barat


Selasa, 14 Desember 2010 / 10:30 WIB
ILUSTRASI. Bank UOB Indonesia


Reporter: Umbara Purwacaraka | Editor: Johana K.

JAKARTA. PT. Intiland Development Tbk menyiapkan proyek perumahan baru, Graha Natura di kawasan Surabaya Barat. Proyek perumahan itu akan berdiri di lahan seluas 100 hektar (ha).

Sinarto Darmawan, Wakil Presiden Direktur PT. Intiland Development Tbk mengatakan, untuk pengembangan tahap pertama, Intiland akan membangun 492 kavling di lahan seluas 32 ha. Proyek tahap pertama ini akan menyedot biaya investasi sebesar Rp. 160 miliar. “Dana tersebut kami peroleh dari cash internal, dan pre-sales marketing,” Ungkap Sinarto kepada KONTAN kemarin (13/12)

Rencananya, pembangunan perumahan ini bakal rampung pada 2016. Setiap tahun, Intiland memperkirakan bisa menggarap lahan seluas 10 ha hingga 15 ha. “Graha Natura membidik segmen pasar menengah ke atas yang menginginkan hunian modern dan asri serta menjadi sarana investasi yang menguntungkan,” kata Sinarto.

Proyek pembangunan Graha Natura yang diprediksi bakal rampung dalam waktu enam tahun tersebu, akan menawarkan 1.000 unit rumah. Harga per unit berkisar Rp 1,8 miliar. “Sekitar 492 kavling rumah tinggal yang terbagi dalam empat kluster akan meluncur awal tahun 2011 nanti,” ujar Sinarto.

Rencana induk pengembangan Graha Natura dikerjakan oleh Firma arsitek Peddle Thorp Indonesia, sementara desain arsitektural landscape dipercayakan kepada Karl Prinsic.

Sementara, untuk pembangunan infrastruktur Intiland bekerjasama dengan Meinhardt. Perusahaan asal Australia ini merupakan perusahaan ahli penngolahan limbah septic tank, jaringan serat optik dan daur ulang air secara terpadu.

“Kami akan menerapkan inovasi dan konsep rumah sehat sebagai keunggulan utama Graha Natura,” pungkas Sinarto. Pasalnya, konsep rumah dan lingkungan sehat akan menjadi tren baru yang di dalamnya mencakup aspek alami dan asri serta penerapan teknologi tepat guna.

Sinarto menambahkan, konsep kemewahan (luxury) sebuah rumah tinggal terus mengalami perubahan. Dulu rumah mewah digambarkan dengan bentuk yang besar dan megah serta dilengkapi pilar-pilar tinggi. Saat ini, konsep luxury adalah rumah dengan konsep hijau dengan lingkungan asri yang dipenuhi pepohonan serta mencakup aspek kesehatan dan teknologi.

Proyek Graha Natura juga akan bangun jaringan fiber optic terpadu yang difungsikan untuk memenuhi berbagai kebutuhan teknologi dan komunikasi bagi para penghuninya.

Sekedar informasi, PT. Intiland Development Tbk sebelumnya membangun kawasan pemukiman kelas menengah keatas di Surabaya barat bernama Graha Famili.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×