Reporter: Erindia Deviana | Editor: Asnil Amri
BEIJING. Peluncuran iPad terbaru milik Apple di Beijing, China (20/7), ternyata tidak mendapat sambutan sesuai dengan harapkan. Penggemar yang datang membeli iPad itu, jumlahnya hanya puluhan saja. Tidak tampak suasana seperti peluncuran iPad pada Januari 2012, lalu dimana pengantri jumlahnya bisa mencapai ratusan.
Hanya ada puluhan pembeli iPad yang antre di depan toko elektronik di Beijing dan Sanghai pada pukul 08.00 pagi waktu Beijing. Associated Press melaporkan, pemandangan tersebut kontras dengan suasana penjualan iPad Januari 2012 lalu. Dimana, para penggemar iPad harus rela antre berjam-jam agar bisa membeli iPad terbarunya.
Sun Xufei (32), yang berprofesi sebagai teknisi komputer ada di nomor antrean pertama di toko penjualan iPad tersebut. Sementara, pembeli yang ikut dengan dia hanya ada sekitar 30 orang, bahkan jumlahnya kalah banyak dibandingkan wartawan yang datang meliput. “Saya kaget di sini tidak ada sama sekali yang menunggu,” kata Sun Xufei.
Sebelumnya, Apple terlibat sengketa paten di China. Apple kemudian terbukti bersalah dan membayar senilai US$ 60 juta ke perusahaan China bernama Shenzhen Proview Technology Ltd. Proview mengklaim, nama iPad sudah lebih dulu ada di China, sehingga tidak sah digunakan oleh Apple.
China adalah pasar terbesar kedua Apple setelah Amerika Serikat (AS).Wajar jika Apple memperlihatkan perhatian khusus ke pasar China yang masih memiliki potensi tumbuh.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News