kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

IPB teken kerja sama kembangkan SDM dengan RNI


Kamis, 23 Agustus 2018 / 11:58 WIB

IPB teken kerja sama kembangkan SDM dengan RNI


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Institut Pertanian Bogor dan Perusahaan pelat merah PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) melakukan penandatanganan kerja sama dalam bidang sumber daya manusia (SDM).

Arif Satria, rektor IPB menyatakan kerja sama tersebut dalam bentuk bidang pendidikan, penelitian pengembangan inovasi, komersialisasi inovasi, dan teaching industry, dan pengabdian kepada masyarakat terutama dalam menyambut revolusi industri 4.0.

"Kami mendapatkan tugas dari BUMN agar menjadi R&D bagi PTPN, RNI dan perusahaan lainnya," kata Arif, Kamis (23/8). Hal tersebut ia sampaikan dalam Seminar Nasional bertemakan Daya Saing Industri Gula Di Era Revolusi Industri 4.0.

Arif merinci kerja sama ini akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa IPB untuk bekerja di pusat penelitian perusahaan perkebunan milik negara dalam bidang riset penelitian, pengembangan dan teknologi.

Dalam bidang teknologi, ia mencontohkan dapat mengerahkan mahasiswa dalam bidang teknologi pencitraan satelit dan drone untuk melakukan pemetaan terkini.

Kemudian dari sisi sosial, Arif menyatakan melalui kerja sama ini dapat membangun kesadaran sosial entrepreneurship dalam mahasiswa guna menjembatani masyarakat petani dengan industri dan teknologi.

Pasalnya, bila perkembangan teknologi dan tuntutan industri tidak disosialisasikan dengan baik ke masyarakat, maka bisa terjadi ketimpangan sosial dan ekonomi.


Reporter: Tane Hadiyantono

Video Pilihan


Close [X]
×