kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.539.000   -2.000   -0,13%
  • USD/IDR 15.875   5,00   0,03%
  • IDX 7.314   118,54   1,65%
  • KOMPAS100 1.121   16,95   1,53%
  • LQ45 892   14,50   1,65%
  • ISSI 223   2,40   1,09%
  • IDX30 459   10,01   2,23%
  • IDXHIDIV20 553   13,38   2,48%
  • IDX80 129   1,38   1,09%
  • IDXV30 137   2,73   2,03%
  • IDXQ30 152   3,22   2,16%

IPW: Rumah di bawah Rp 1,5 miliar tetap laku selama pandemi


Senin, 26 Oktober 2020 / 10:22 WIB
IPW: Rumah di bawah Rp 1,5 miliar tetap laku selama pandemi
ILUSTRASI. Bisnis properti


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski masih dilanda pandemi Covid19, pasar properti tanah air masih tumbuh positif. Survei konsumen yang dilakukan Indonesia Property Watch (IPW) menyebutkan, sebanyak 68,09% konsumen menyatakan masih berminat untuk membeli properti meski di tengah kondisi pandemi virus corona (Covid-19).  

Survei ini dilakukan terhadap 285 responden, terdiri dari masyarakat usia 35–55 tahun yang berdomisili di Jakarta, Jawa dan luar Pulau Jawa pada awal September 2020.

CEO Indonesia Property Watch Ali Tranghanda mengatakan bahwa 51,06 % masyarakat masih melirik properti rumah. Minat pembelian tanah kavling pun relatif cukup tinggi sebesar 22,34 %, apartemen sebesar 11,7 %, SOHO/Ruko/Rukan sebesar 10,64 %, dan selebihnya untuk gudang, vila, kondotel, dan lainnya.

"Saat ini tren pembelian properti didominasi oleh rumah untuk segmen menengah yang harganya mencapai kisaran Rp 1,5 miliar. Rentang harga itu paling banyak dicari konsumen," ujar Ali dalam keterangannya, Senin (26/10).

Baca Juga: Di tengah pandemi, Lippo Cikarang (LPCK) dapat menjual 72% unit klaster Travertine

Salah satu proyek properti, di bawah harga satu miliar yang laris manis diburu konsumen yakni rumah tapak Lippo Karawaci Cendana Homes. Proyek anyar itu diserbu habis pembeli dalam waktu kurang lima jam. Cendana Homes sendiri mengedepankan konsep permukiman hijau.

Hal ini mengulang sukses dari peluncuran perdana tahap pertama rumah tapak milik Lippo sebanyak 324 unit yang juga terjual habis dalam beberapa jam saja.

Cendana Peak merupakan proyek kedua setelah peluncuran klaster Cendana Homes pada Juli lalu yang mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga tiga kali lipat.

Dijelaskan Ali, untuk segmen menengah ke atas, permintaan juga masih tumbuh. Ditandai dengan hadirnya berbagai proyek anyar yang diluncurkan pengembang.

Data IPW menyebutkan, rentang harga yang diminati berkisar antara Rp 500 juta sampai 1 miliaran sebesar 29,79 %, diikuti Rp 300 juta sampai Rp 500 juta sebesar 28,72 %, Rp 1 sampai Rp 3 miliar sebesar 23,40 %, di bawah Rp 300 juta sebesar 10,64 %, dan sebesar 7,45 % untuk properti harga di atas Rp 3 miliar.

Ali menjelaskan, karena pasar saat ini sangat volatile, juga bisa terjadi berbagai kemungkinan, misalkan konsumen yang dulu ingin membeli properti seharga di atas Rp 1,5 miliaran, sekarang diperkirakan memilih segmen harga yang lebih rendah di kisaran Rp 500 juta sampai Rp 1,5 miliar.

Temuan lain, terdapat fenomena di mana masyarakat masih menunda untuk membeli rumah kisaran harga di bawah Rp 300 juta atau rumah subsidi untuk sementara waktu. Ini terjadi karena faktor daya beli yang cenderung melemah.

IPW juga menyurvei tujuan dari pembelian properti saat ini pun beragam. Sebanyak 42,55 % membeli properti untuk disimpan dalam jangka panjang (investor jangka panjang).

Baca Juga: Lippo Karawaci (LPKR) kuasai lahan seluas 1.411 hektare

Sedangkan sebesar 22,34 % membeli properti untuk segera dihuni (end user). Namun, ada juga yang membeli properti untuk segera dijual lagi jika harga naik nantinya (investor jangka pendek/spekulator), sebesar 18,09 %. Selain itu motif properti sebagai tabungan untuk anak-anak mewakili sebesar 10,64 %.

Dilihat dari preferensi konsumen dalam memilih properti, 28,46 % responden menyatakan lebih melihat dari berapa harga unit yang ditawarkan, selanjutnya 16,21 % melihat dari brand pengembang, diikuti kedekatan dengan fasilitas umum sebesar 15,42 %.

Faktor luas tanah dan luas bangunan ternyata tidak terlalu mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen, selama harga unit yang ditawarkan sesuai.

Namun, terdapat temuan menarik, dalam hal pembelian properti, konsumen menimbang banyak faktor sehingga bisa saja menunda pembelian sambil melihat perkembangan pasar.

Responden yang akan merealisasikan pembelian properti dalam jangka waktu di bawah 6 bulan sebesar 11,7 %, 6 bulan sampai 1 tahun sebesar 10,64 %, dan selebihnya memilih untuk membeli properti lebih dari 1 tahun.

Sisanya, responden belum berencana kapan akan memutuskan untuk membeli properti. Faktor harga masih menjadi pertimbangan pengambilan keputusan membeli properti saat ini.

Sebesar 34,45 % responden memilih faktor harga yang lebih murah sebagai pertimbangan utama. Selain itu, cara pembayaran yang fleksibel dan promo menarik dari pengembang menjadi faktor penting berikutnya.

Baca Juga: Marketing sales Lippo Karawaci (LPKR) hingga triwulan III-2020 naik 100% YoY

Ali menilai, keberhasilan LPKR menjual rumah tapak karena strategi yang tepat sehingga bisa mengalami permintaan yang tinggi. Apalagi, pasokan rumah tapak, dari sisi supply memang kurang.

Selain itu, lokasi Lippo Karawaci memang paling strategis karena bersentuhan langsung dengan akses tol Jakarta—Merak di mana banyak masyarakat yang tinggal di ujung barat Jakarta yang akan tertarik untuk mendekat di daerah kerjanya di Jakarta.

Berdasarkan riset yang dilakukan IPW, di kawasan Banten terjadi lonjakan permintaan hunian hingga dua kali lipat. Selama ini pasokan properti banyak berasal dari segmen atas dan segmen bawah. Sementara itu, segmen menengah kurang.

Kata Ali, produk seperti yang diluncurkan Lippo itu yang ditunggu oleh segmen menengah. Dengan rentang harga Rp600 jutaan hingga Rp1,5 miliar, Lippo Karawaci dinilai sangat jeli melihat pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×