kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Isuzu Tepis Rumor Relokasi Pabrik dari Thailand ke Indonesia


Kamis, 08 Juni 2023 / 19:22 WIB
Isuzu Tepis Rumor Relokasi Pabrik dari Thailand ke Indonesia
ILUSTRASI. Isuzu Motors membantah kabar akan memindahkan pabriknya dari Thailand ke Indonesia


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Isuzu Motors membantah kabar bahwa produsen truk tersebut akan memindahkan pabriknya dari Thailand ke Indonesia. Padahal, baru-baru ini Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberi sinyal bahwa Isuzu bakal merelokasi pabrik truk di Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi tahun 2024.

Dilansir dari Reuters, Kamis (8/6), Juru Bicara Isuzu menyebut bahwa untuk sementara ini Isuzu terus fokus menjadikan Indonesia sebagai pasar utama. “Tidak ada rencana untuk merelokasi pabrik Thailand ke Indonesia,” kata Juru Bicara Isuzu, dikutip Kamis (8/6).

Dia juga menyampaikan, Isuzu belum membuat pengumuman resmi terkait kabar relokasi pabrik tersebut. Isuzu sendiri sebenarnya sudah memiliki pabrik di Indonesia, tepatnya di Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga: Hasil Kunjungan ke Jepang, RI Dorong Peningkatan Ekspor dari Fuso, Daihatsu, Isuzu

Sementara itu, ketika ditanya KONTAN perihal kabar relokasi pabrik Thailand ke Indonesia, Manajemen PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) enggan berkomentar. “Kami masih belum bisa memberikan statement,” ujar Marketing Communications Manager IAMI Puti Annisa Moeloek, Kamis (8/5).

Sebagaimana diketahui, dalam lawatannya ke Jepang, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sempat mengatakan bahwa Isuzu akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang.

Pabrik yang akan dipindahkan tersebut memproduksi UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo. Isuzu kemudian mengambil alih pabrik tersebut pada tahun 2019 silam.

Di Indonesia, pabrik Isuzu yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat, memiliki tingkat utilisasi yang cukup tinggi, yakni mencapai 85%. Produksi Isuzu pada tahun 2022 mencapai 44.694 unit atau setara 15% dari total produksi Isuzu secara global.

Baca Juga: Isuzu Bakal Pindahkan Pabrik Truk ke Indonesia, Begini Respons Gaikindo

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (pabrik ke dealer) Isuzu pada periode Januari-April 2023 turun 7,52% year on year (YoY) menjadi 11.007 unit.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Isuzu menargetkan penjualan di Indonesia sebesar 39.000 unit pada 2023. Pangsa pasar Isuzu Elf ditargetkan berada di level 27,5%, Isuzu Giga sebesar 16%, dan Isuzu Traga sebesar 42% pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×