kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jababeka (KIJA) Proyeksikan Kebun Binatang di Tanjung Lesung Dapat Dibuka Tahun 2024


Senin, 29 Agustus 2022 / 20:27 WIB
Jababeka (KIJA) Proyeksikan Kebun Binatang di Tanjung Lesung Dapat Dibuka Tahun 2024
ILUSTRASI. Jababeka (KIJA) Proyeksikan Kebun Binatang di Tanjung Lesung Dapat Dibuka Tahun 2024


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) masih sesuai rencana menghadirkan kebun binatang di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Wahana ini sedang dalam tahap pembangunan dan diproyeksikan dibuka pada tahun 2024.

Sekretaris Perusahaan PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) Mulyadi Suganda menjelaskan, kebun binatang di Tanjung Lesung bakal dibuka beriringan dengan rampungnya pembangunan jalan Tol Serang-Panimbang. Hal ini karena perseroan menilai kehadiran jalan tol bakal mempermudah akses menuju Tanjung Lesung yang memiliki luas 1.500 hektare (Ha).

"Wahana ini diproyeksikan dibuka saat Jalan Tol Serang-Panimbang beroperasi," kata Mulyadi, pekan lalu.

Mulyadi bilang bahwa pemerintah baru saja memulai pembangunan kembali Tol Serang-Panimbang seksi 3. Dimana, jalan Tol Serang - Panimbang ini membentang sepanjang 83,7 km terbagi menjadi 3 Seksi. Seksi 1 Ruas Serang – Rangkasbitung sepanjang 26,50 km telah beroperasi sejak Desember 2021.

Baca Juga: Garap Correctio, Jababeka (KIJA) Jalin Kemitraan dengan Mitsubishi Heavy Industries

Dilanjutkan dengan Seksi 2 Rangkasbitung - Cileles sepanjang 24 km dengan progres konstruksi 31,20%, dan Seksi 3 Cileles - Panimbang sepanjang 33 km.

Berdasarkan kalkulasi pemerintah, proyek jalan tol ini akan selesai dan beroperasi penuh pada kuartal I-2024. Itu artinya proyeksi KIJA membuka kebun binatang di Tanjung Lesung tergantung kesiapan dari jalan tol Serang-Panimbang.

Sebelumnya Direktur Utama PT Banten West Java (BWJ) Poernomo Siswoprasetijo menyebutkan kalau proyek kebun binatang memang telah menjadi prioritas pembangunan. Hanya saja, pihaknya belum menyampaikan detail progres terkini dari pembangunan kebun binatang tersebut.

BWJ sebagai anak usaha KIJA yang mengembangkan kawasan Tanjung Lesung, saat ini tengah membangun Fauna Land Kid Zoo yaitu sebuah kebun binatang untuk rekreasi keluarga yang berkolaborasi dengan PT Fauna Land Indonesia. Dari rencana awal, BWJ akan menghadirkan satwa-satwa unik dan menghadirkan maskot yang belum ada di Indonesia.

Baca Juga: Jababeka (KIJA) Membidik Penjualan Lahan di Cikarang dan Kendal Rp 1,7 Triliun

"Kami berupaya agar Fauna Land Kid Zoo sudah bisa dibuka di saat Tol Serang-Panimbang Seksi 3 beroperasi,” ungkap Poernomo dalam keterangan resmi, Sabtu (6/8).

Sementara itu, pengembangan terbaru lainnya di Tanjung Lesung adalah menambah ketersediaan kamar penginapan dengan hadirnya Villa Tara, sebuah homestay di Komplek villa Ladda Bay Village. Hal ini sesuai rencana BWJ untuk menyediakan kamar guna memenuhi kebutuhan wisatawan di Tanjung Lesung. Saat ini total kamar yang ada Tanjung Lesung sudah mencapai sekitar 1.000 kamar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×