kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,99   2,27   0.25%
  • EMAS1.365.000 -0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jadi Tuan Rumah IFRC 2024, PPA Bangun Gedung Garuda Rescue Nusantara Rp 70 Miliar


Senin, 01 Juli 2024 / 11:05 WIB
Jadi Tuan Rumah IFRC 2024, PPA Bangun Gedung Garuda Rescue Nusantara Rp 70 Miliar
ILUSTRASI. PPA membangun Garuda Rescue Nusantara di Kalimantan


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Putra Perkasa Abadi (PPA), perusahaan kontraktor pertambangan batubara akan menjadi tuan rumah ajang 21st Indonesia Fire & Rescue Challenge (IFRC) yang akan diadakan pada Oktober 2024. Indonesia Fire & Rescue Challenge (IFRC) adalah kompetisi tahunan yang menguji keterampilan Emergency Response Team (ERT) dari berbagai perusahaan pertambangan.

Ajang ini pertama kali diadakan pada tahun 1995 dan telah menjadi salah satu kompetisi paling prestisius di Indonesia dalam bidang penyelamatan dan penanggulangan kebakaran.

Sebanyak 24 ERT perusahaan pertambangan dari seluruh Indonesia akan berpartisipasi pada IFRC tahun ini. Pada event ini akan di lombakan delapan kategori challenge yaitu, Structural Fire Fighting (SFF), Road Accident Rescue (RAR), Firefighter Competency Test (FCT), Firefighter Combat Challenge (FCC), Collapsed Structure Search & Rescue (CSSR), High Angle Rescue (HAR), Confined Space Rescue (CSR), Underwater Rescue & Recovery Challenge (UWRRC).

“Challenge ini merupakan simulasi kejadian sebenarnya di lapangan, sehingga diharapkan semua peserta mampu melalui tantangan tersebut dan dapat melahirkan rescue yang profesional, handal dan mampu menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana,” kata Adri Thanada, ketua pelaksana 21st IFRC, dalam keterangan tertulis, Senin (1/7).

Sebagai tuan rumah, PPA akan menyelenggarakan IFRC di gedung Garuda Rescue Nusantara (GRN) sebuah pusat pelatihan yang dibangun oleh PPA di Balikpapan, Kalimantan Timur. "Pembangunan Gedung sudah 90%. Bulan depan akan selesai. Anggaran dari pembangunan Gedung-nya saja sekitar Rp 70 miliar, kalau beserta alat-alat totalnya Rp 95 miliar," ungkap dia.

GRN dilengkapi dengan sarana dan prasarana berstandar internasional, termasuk simulasi bencana dan Command Center terlengkap yang nantinya akan terintegrasi dengan Basarnas dan BNPB. Fasilitas ini dirancang untuk mendukung rescuer Indonesia dalam misi-misi kemanusiaan di tanah air.

"Sebagai tuan rumah pelaksanaan IFRC ke 20, kami akan berupaya semaksimal mungkin, untuk menjadikan event 21st IFRC ini menjadi event yang tidak terlupakan bagi seluruh peserta dan masyarakat yang hadir” ujar Adri Thanada.

PPA berharap IFRC 2024 akan menjadi ajang yang sukses dan memberikan dampak positif bagi perkembangan keterampilan penyelamatan di Indonesia.

Selanjutnya: Potensi Kawasan ASEAN Untuk Investasi Reksa Dana Saham Syariah USD

Menarik Dibaca: Tips Jitu Pemimpin Atur Keuangan Perusahaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×