kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jalan Tol Serang-Panimbang Pangkas Waktu Tempuh hanya 2-3 Jam ke Tanjung Lesung


Rabu, 20 Maret 2024 / 16:56 WIB
Jalan Tol Serang-Panimbang Pangkas Waktu Tempuh hanya 2-3 Jam ke Tanjung Lesung
ILUSTRASI. Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan jalan tol Rangkasbitung-Panimbang seksi II di Lebak, Banten, Minggu (26/2/2023). Proyek pembangunan jalan tol Serang-Panimbang sepanjang 83,7 kilometer dengan nilai investasi Rp8,58 triliun ditargetkan dapat beroperasi tahun 2024 guna mendukung akses cepat menuju lokasi wisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/nz


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Provinsi Banten terkenal dengan beragam wisata yang sering kali dikunjungi oleh masyarakat dari wilayah sekitarnya seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Depok dan lainnya untuk berlibur pada waktu-waktu tertentu. Salah satu obyek wisata yang terkenal dengan keindahan pantai yang mempesona adalah pantai Tanjung Lesung.

Estimasi waktu perjalanan dari wilayah Jakarta menuju obyek wisata Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga 5 jam lamanya, akan terpangkas oleh konektivitas bebas hambatan yang ada di Provinsi Banten yakni Jalan Tol Serang - Panimbang.

Baca Juga: Pemerintah Matangkan Persiapan Mudik 2024, Imbau Swasta Gelar Program Mudik Gratis

Dalam keterangan rilis Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyampaikan, hadirnya Jalan Tol yang akrab disebut dengan Tol Serpan ini akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan menuju obyek wisata Tanjung Lesung menjadi sekitar 2 - 3 jam saja.

Jalan Tol Serang – Panimbang sepanjang 83,67 Km merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi. 

Diharapkan konektivitas Jalan Tol ini dapat memberikan pertumbuhan perekonomian masyarakat baik dari sektor industri, dan memperlancar konektivitas kawasan pariwisata di Provinsi Banten.

Selain itu kehadiran Tol Serang - Panimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi Wilayah Banten Tengah dan Banten Tengah dengan Banten Selatan yang secara geografis berdekatan dengan DKI Jakarta.

Baca Juga: Hadapi Lebaran, ASDP Pastikan Kesiapan 51 Dermaga dan 215 kapal

Jalan Tol Serang – Panimbang terdiri dari tiga Seksi yaitu, Seksi 1 Serang – Rangkasbitung sepanjang 26,5 Km dan telah beroperasi sejak 2021 lalu. Kemudian Seksi 2 Rangkasbitung – Cileles sepanjang 24,17 Km dengan progres konstruksi telah mencapai 55,83%. Seksi 3A Cileles - Bojong sepanjang 17,46 Km dengan progres konstruksi telah mencapai 68,19%, dan Seksi 3B Bojong - Panimbang sepanjang 15,54 Km belum dimulai konstruksinya.

Untuk Seksi 2 dan 3A menghubungkan Rangkasbitung - Cileles - Bojong ditargetkan akan selesai konstruksinya pada tahun 2024. Saat ini Jalan Tol Serang - Panimbang juga memiliki Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A dan Tipe B di KM 70 tepatnya berada di Seksi 1 Serang-Rangkasbitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×