kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa Marga dan Telkom bakal digandeng Roatex dalam sistem pembayaran tol MLFF


Kamis, 28 Januari 2021 / 20:24 WIB
Jasa Marga dan Telkom bakal digandeng Roatex dalam sistem pembayaran tol MLFF
ILUSTRASI. Arus kendaraan terpantau padat di ruas jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Bekasi, Rabu (26/9). KONTAN/Cheppy A. Muchlis


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Roatex, Ltd. Zrt. asal Hungaria, ditetapkan sebagai pemenang tender sistem transaksi tol nontunai nirsentuh berbasis multilane free flow (MLFF). Keputusan ini ditetapkan melalui Surat Penetapan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor: PB.02.01-Mn/132 tanggal 27 Januari 2021.

Chief Representative Roatex Ltd Zrt Musfihin Dahlan mengaku, pihaknya bakal menggandeng partner lokal di bidang IT, telekomunikasi, dan konstruksi dalam membantu pelaksanaan proyek ini. Pihaknya saat ini sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan PT Telkom Indonesia Tbk dan PT Jasa Marga (Persero) sebagai perusahaan yang berpengalaman di bidang telekomunikasi dan operator jalan tol.

"Pasti lah akan menggandeng partner dari lokal tidak mungkin tidak. Pasti kami akan menggandeng partner lokal di bidang IT, telekomunikasi, konstruksi, pasti itu. Telkom kan perusahaan yang multi bisnisnya, mulai dari IT sampai ke telekomunikasi," jelas Musfihin kepada kontan.co.id, Kamis (28/1).

Baca Juga: Roatex menang tender transaksi jalan tol nirsentuh, ini rencana konstruksinya

"Jaringan kita yang paling besar di Indonesia tentunya Telkom jadi kita nanti akan bekerjasama dengan Telkom. Kita juga sudah melakukan pembicaraan dengan Jasa Marga karena yang paling besar yang meng-operate jalan tol adalah Jasa Marga," lanjutnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan pembicaraan dengan Jasa Marga tanpa mengabaikan operator yang lain karena Jasa Marga yang cukup berpengalaman dalam melaksanakan sistem pembayarannya. "Mungkin nanti kita tukar pengalaman dengan Jasa Marga," katanya.

Selain itu, Kata Musfihin dari Roatex juga menginginkan adanya transfer of know how dan transfer of knowladge. Karena Roatex hanya 10 tahun masa konsesi kerjasamanya, satu tahun konstruksi, 9 tahun masa konsesi, dan setelah itu sistem transaksi MLFF akan dimiliki oleh negara oleh karena itu pihaknya akan menggandeng partner lokal untuk ikut mengembangkan sistem ini.

"Dengan ditetapkannya Roatex Ltd. sebagai pemenang tender, kami bersama BPJT Kementerian PUPR akan segera mempersiapkan rencana kerja pelaksanaan proyek ini. Pada tahun pertama, sejak telah ditandatangani perjanjian kerjasama BUP dengan pemerintah, adalah masa pelaksanaan konstruksi, dari masa 10 tahun konsesi kerjasama. Diharapkan pada awal tahun 2022, sebagian besar ruas jalan tol, terutama di Jawa dan Bali sudah dapat menerapkan MLFF," jelas Musfihin.

Baca Juga: Roatex pemenang tender transaksi jalan tol nirsentuh, konstruksi mulai tahun ini

MLFF sendiri merupakan transaksi pembayaran jalan tol dengan teknologi nirsentuh yang memungkinkan kendaraan tidak perlu berhenti ketika membayar tarif di gerbang tol.

Rencananya, implementasi sistem tersebut dilakukan dengan beberapa alternatif. Salah satunya dengan menggunakan financial technology (fintech) dalam negeri seperti LinkAja, GoPay, dan OVO.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×