kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jasa pengiriman White Horse Group (WEHA) naik tiga kali lipat selama PPKM darurat


Sabtu, 24 Juli 2021 / 23:05 WIB
Jasa pengiriman White Horse Group (WEHA) naik tiga kali lipat selama PPKM darurat


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sektor transportasi dan wisata menjadi salah satu bidang usaha yang paling keras terpukul pandemi covid-19.  PT Weha Transportasi Indonesia Tbk (WEHA) pun melancarkan strategi untuk bisa menumbuhkan usaha, dengan memperkuat segmen jasa pengiriman.

Direktur Business Development WEHA Andrianto Putera Tirtawisata menyampaikan, melalui anak usahanya, DayTrans, emiten yang juga dikenal dengan nama White Horse Group ini mencatatkan peningkatan jasa pengiriman paket sebanyak tiga kali lipat selama masa PPKM Darurat. DayTrans sendiri memiliki dua layanan jasa pengiriman yaitu DayTrans Express dan DayMall.

"Lonjakan tersebut disebabkan karena larangan mobilitas penumpang yang membuat pengiriman barang antar kota meningkat pesat," ungkap Andrianto kepada Kontan.co.id, Kamis (22/7).

Baca Juga: Bersiap rights issue, Weha Transportasi (WEHA) berharap berdampak positif ke kinerja

DayTrans Express merupakan jasa pengiriman paket yang menyediakan berbagai layanan seperti pool to pool yang mana customer bisa menitipkan barang di counter DayTrans dan penerima bisa mengambil barangnya di counter tujuan.

Bentuk layanan lainnya adalah home to home, yang mana kurir yang akan mengantar/menjemput paket di rumah atau lokasi lain yang sudah ditentukan sehingga customer tidak perlu keluar rumah. Selain itu, DayTrans Express pun telah meluncurkan jasa pengiriman dalam kota.

Sebelumnya, DayTrans Express hanya melayani jasa pengiriman luar kota. "Namun sejak bulan Mei lalu kami meluncurkan jasa pengiriman dalam kota. Per hari ini, pengiriman dalam kota sudah beroperasi di 4 kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. Kami menargetkan dalam waktu dekat bisa membuka layanan pengiriman dalam kota di kota-kota besar lainnya seperti Surabaya," terang Andrianto.

Selanjutnya, dia menerangkan bahwa DayMall merupakan layanan food delivery antar kota yang dibuat pada akhir tahun lalu. DayMall ditujukan agar memudahkan konsumen yang tidak bisa bepergian untuk tetap dapat menikmati jajanan luar kota.

"Layanan ini juga membantu UMKM di luar kota yang terimbas pandemi, dimana mereka tetap bisa mendapatkan penjualan dari customer di luar kota. Untuk layanan DayMall, kami sudah beroperasi di kota Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Surabaya," ujar Andrianto.

Saat ini, sudah ada 2.000 merchant UMKM jajanan makanan yang sudah bergabung dengan DayMall. Untuk lebih menarik minat konsumen, DayMall memberikan sejumlah campaign seperti Prima Rasa Day dan Kartika Sari Day dengan promo gratis ongkir untuk pembelanjaan di merchant tersebut.

Andrianto mengklaim, campaign yang diluncurkan itu mendapatkan respon yang positif dari pasar. "Kami berupaya untuk terus manambah merchant di kota-kota yang merupakan area operasional. Kami juga sedang berusaha untuk memperluas jangkauan layanan ke kota-kota lain nya seperti Cirebon dan Bogor. Saat ini DayMall penyedia jasa food delivery antar kota terbesar di Jawa," sambungnya.

Andrianto menambahkan, DayMall dan DayTrans Express menawarkan layanan Sameday Service pengiriman antar kota dengan harga yang relatif terjangkau. Menurutnya, hal itu dimungkinkan lantaran armada DayTrans tetap beroperasi setiap hari sehingga sekarang mobil bisa diisi dengan penumpang dan barang. 

 

Dia menekankan, penurunan penumpang selama masa PPKM dapat teredam dengan adanya peningkatan pengiriman paket. WEHA pun optimistis layanan pengiriman paket ini merupakan strategi yang tepat untuk menghadapi pandemi. Bahkan, layanan pengiriman paket ini juga diproyeksikan akan terus tumbuh setelah pandemi selesai.

Berbarengan dengan strategi memperkuat segmen jasa pengiriman, WEHA pun memperkuat teknologi layanan bisnis. "Semua layanan perusahaan dapat ditransaksikan melalui aplikasi DayTrans yang tersedia di PlayStore dan Appstore," sebut Andrianto.

Sampai saat ini, aplikasi tersebut sudah di download lebih dari 100.000 downloader dengan jumlah user yang aktif mencapai 35.000 setiap bulannya. Aplikasi tersebut juga memiliki fitur DayTrans Addict, yang mana customer dapat memperoleh cashback dari setiap transaksi dalam bentuk saldo wallet, yang dapat digunakan sebagai diskon di transaksi selanjutnya.  

Selanjutnya: PPKM darurat berdampak ke bisnis Weha Transportasi, jumlah penumpang turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×