kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jelang Nataru, Jasamarga Metropolitan Tollroad tingkatkan kesiapan layanan jalan tol


Selasa, 21 Desember 2021 / 17:36 WIB
Jelang Nataru, Jasamarga Metropolitan Tollroad tingkatkan kesiapan layanan jalan tol
ILUSTRASI. Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional (JMT). Warta Kota/Alex Suban


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division meningkatkan kesiapan layanan menghadapi lalu lintas libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Persiapan dilakukan dengan fokus pada pelayanan operasional jalan tol yang meliputi Layanan Transaksi, Lalu Lintas, Konstruksi dan Tempat Istirahat.

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head, Bagus Cahya, mengungkapkan bahwa pihaknya melakukan penyiagaan di seluruh ruas tol yang berada di bawah koordinasi Jasamarga Metropolitan Tollroad.

Adapun JMT Regional Division mengelola sejumlah ruas tol, meliputi ruas Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Cawang-Tomang-Pluit, JORR Seksi E & W2S, Ulujami-Pondok Aren serta Cipularang dan Padaleunyi.

Secara umum JMT melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan di Gerbang Tol, menghentikan pekerjaan konstruksi di jalan tol saat periode Nataru, hingga menyiagakan rambu-rambu lalulintas dan memastikan seluruhnya bisa berfungsi. JMT pun menyiagakan petugas 24 jam untuk rekayasa atau penanganan lalu lintas.

Baca Juga: Persiapkan Infrastruktur Sistem Nirsentuh, Jasa Marga (JSMR) Tunggu Persetujuan BPJT

"Kami juga melakukan tindakan pencegahan untuk antisipasi genangan atau longsor, berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan memastikan keberfungsian semua unit pendukung seperti CCTV, VMS, RTMS dan radio komunikasi,” ujar Bagus dalam keterangan tertulis yang disiarkan, Senin (20/12).

Bagus memastikan bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh petugas di lapangan, baik yang di jalur maupun di rest area, mesti tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19. Langkah ini penting guna mewujudkan kenyamanan dan keselamatan petugas maupun pengguna jalan.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Tri Wahyu Subekti, menambahkan bahwa upaya peningkatan layanan juga dilakukan di Jalan Tol Jagorawi. Jalan tol tersebut masih menjadi jalur favorit pengguna jalan yang akan menuju ke Puncak/Bogor dan daerah wisata di sekitarnya.

“Kami telah mengidentifikasi titik-titik yang berpotensi terjadi kepadatan, untuk itu kami memastikan tidak terdapat gangguan di lajur yang berdampak menambah kepadatan. JMT juga terus berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya (PJR) dan Kepolisian wilayah, untuk diskresi rekayasa lalulintas jika dibutuhkan," ujar Tri. 

General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad Nasrullah, menjelaskan kesiapan tiga aspek pada Ruas Tol Dalam Kota (Cawang – Tomang – Pluit), Ruas Jakarta-Tangerang, dan Ruas Prof. DR. Ir. Soedijatmo. Ketiga aspek itu meliputi pemenuhan fungsi utama jalan tol pada aspek kelancaran, keselamatan dan kenyamanan.

Guna mendukung aspek tersebut, JMT melakukan upaya-upaya seperti penggunaan mobile reader untuk kelancaran dan mengurangi antrean di gerbang tol, pemeliharaan peralatan tol dan pemenuhan armada lalu lintas. Sementara pada aspek keselamatan dilakukan pengecatan marka jalan tol, pemeliharaan rambu lalu lintas dan pagar rumija tol. Lalu pada aspek kenyamanan dilakukan pemeliharaan periodik dan perkerasan, pemeliharaan kebersihan saluran dan tanaman. 

Sebagai langkah antisipasi peningkatan lalulintas yang menuju ke Bandung dan sekitarnya pada libur Nataru, General Manager Representative Office 3 Jasamarga Matropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto menyampaikan, pihaknya telah menyiagakan Mobile Reader sebanyak 44 buah yang tersebar di seluruh Gerbang Tol (GT) di Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi serta penyediaan layanan top-up mobile E-Toll pada GT Pasteur dan Cileunyi. 

 

"Selama pandemic Covid-19, Jasamarga Metropolitan secara konsisten memastikan layanan di Tempat Istirahat seperti mushola, toilet, parkir, restoran memenuhi protokol penanganan Covid-19, penyemprotan disinfektan secara berkala, pembatasan parkir, menyiapkan ruang khusus/isolasi, dan memastikan TIP sudah memiliki barcode check in, check out Peduli Lindungi di TIP dan tenant," terang Thomas.

Jasa Marga pun mengimbau kepada masyarakat agar mengikuti instruksi Pemerintah dalam upaya memutus penularan Covid-19, untuk tetap di rumah saja dan mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan dan lokasi publik yang berpotensi terjadi penularan. Kemudian tetap menggunakan masker, menjaga jarak, dan menggunakan alat bantu tapping e-toll untuk transaksi di gerbang tol.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×