kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jika harga gas turun, AKLP optimis porsi ekspor bisa melebar hingga 40%


Selasa, 03 Juli 2018 / 19:04 WIB
Jika harga gas turun, AKLP optimis porsi ekspor bisa melebar hingga 40%
ILUSTRASI. Pekerja Memasang Kaca Lembaran


Reporter: Agung Hidayat | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Kaca Lembaran dan Pengaman (AKLP) melihat peluang untuk memperlebar pasar ekspor kaca masih besar. Sayangnya daya saing produsen lokal terganjal oleh ongkos energi untuk produksi, dan harga gas alam yang kalah saing dengan negara lain.

Yustinus Gunawan, Ketua Umum AKLP menyebutkan, kunci utama peningkatan ekspor ialah penurunan harga gas bumi. "Hanya butuh komitmen menjalankan Perpres yang ada, sangat disayangkan kalau industri pengguna gas malah dibonsaikan di lumbung gas tersebut," ujarnya kepada Kontan.co.id, Selasa (3/7).

Sejauh ini, asosiasi memprediksi produksi kaca nasional mencapai 625.000 ton di semester II-2018. Sementara produksi di separuh pertama tahun ini sebanyak 600.000 ton. "Rata-rata sekitar 25%-35% di ekspor," sebut Yustinus.

Lebih lanjut Yustinus mengatakan, kalau harga gas dapat diturunkan lagi maka bukan tidak mungkin porsi ekspor dapat meningkat. Berdasarkan perhitungan AKLP peningkatannya menjadi 35%-40%. 

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor kaca dan barang dari kaca periode Januari-April 2018 meningkat hingga 7,6% menjadi US$ 101,6 juta dibandingkan periode yang sama tahun lalu US$ 94,4 juta. Adapun sepanjang 2017 kemarin ekspor kaca tercatat mencapai US$ 279,3 juta.

Produsen kaca seperti PT Mulia Industrindo Tbk (MLIA) menargetkan porsi penjualan ekspor kurang lebih 35% dari total penjualannya ditahun ini. Henry Bun, Sekretaris Perusahaan MLIA mengatakan bahwa komposisi ekspor tahun ini tampaknya masih sama seperti tahun kemarin.

Untuk pasar ekspor, sekitar 80% tujuannya ke negara Asia dan 12% ke Australia. Sementara sisanya untuk memenuhi ekspor ke negara Eropa dan Afrika. Pasar kaca lembaran tersebut menyasar perusahaan yang mengolah produk ini menjadi kaca cermin dan kaca pengaman gedung. Selain itu sebagian kecil menyasar konsumen akhir untuk kebutuhan properti dan perumahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×