kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

J&T Cargo Tambah Armada pada Momen Ramadan 2024


Kamis, 29 Februari 2024 / 17:44 WIB
J&T Cargo Tambah Armada pada Momen Ramadan 2024
Manajemen J&T Cargo di gelaran IFEX 2024.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan ekspedisi, PT J&T Cargo menyatakan pihaknya telah mempersiapkan armada dan tambahan SDM dalam menghadapi periode Ramadan 2024. 

Ditemui di JIEXpo Kemayoran dalam pameran International Furniture Expo 2024 (IFEX), M. Said Abdullah Network Managemen Manager J&T menjelaskan bahwa momen Ramadan merupakan salah satu peak season selain Natal dan Tahun Baru.

"Momen peak season Ramadhan ini sudah terjadi H-30 hingga hingga H-3 minggu di industri logistik. Untuk cargo sendiri, masa peak season ada di kuartal II dan akhir kuartal IV," jelasnya kepada media di Jakarta, Kamis (29/2). 

Baca Juga: Jelang Ramadan, Begini Langkah J&T Cargo Bantu Optimalkan Bisnis UMKM

Lebih jauh Said mengatakan salah satu hambatan yang dihadapi jelang masa Ramadan adalah kurangnya armada dan sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, pihaknya sudah jauh hari mengunci vendor kendaraan dan menambah SDM untuk warehouse dan gateway.

Hingga kini, Perusahaan telah mengakomodir pengiriman 98% wilayah di Indonesia dari sisi kecamatan, 98 gudang, lebih dari 2.500 armada serta lebih dari 3.000 outlet. 

Pada momen Ramadan tahun ini, J&T memproyeksikan kenaikan volume pengiriman bisa mencapai 2 kali lipat dibandingkan hari biasa. Tahun lalu, pihaknya mencapai peningkatan 3 kali lipat dibandingkan hari biasa. 

"Kenaikan volume pengiriman bisa 2 kali lipat, tahun lalu 3 kali lipat. Tahun ini secara forecast bertambah 2 kali lipat. Kita disupport ada 5 e-commerce atau layanan online kita. Yang online bisa meningkat pemesanannya hingga 3 sampai 4 kali lipat, kalau offline 2 sampai 3 kali lipat di momen Ramadan," imbuhnya.

Sementara untuk barang yang dikirim di momen Ramadan, J&T mencatat pakaian adalah barang yang paling banyak dikirimkan dalam skala besar. Mengingat besarnya pengiriman pakaian, pihaknya bekerja sama dengan UMKM daerah yang berjualan mukenah, peci, dan lainnya untuk mengirimkan barangnya. 

Selain pakaian, pihaknya juga banyak menerima permintaan pengiriman cargo untuk motor. Pengiriman ini cukup tinggi permintaannya di wilayah Jawa Tengah dan Timur di masa Mudik Lebaran. 

Baca Juga: Pentingnya Aspek Pelayanan Pada Industri Logistik

Tahun ini, J&T juga akan makin fokus mengembangkan pengiriman internasional melalui layanan Cargo. Berbeda dengan J&T Ekspress, J&T Cargo melayani pelayanan barang di atas 10kg hingga berton-ton. 

Salah satu langkah yang dilakukannya adalah, menghadiri gelaran IFEX 2024 untuk mengakomodir permintaan pengiriman ke beberapa negara, mulai dari kawasan Eropa hingga China.

"Kami mengenalkan layanan Cargo internasional di tahun ketiga kami berdiri, setelah dirasakan kuat di domestik. Jadi sekarang, kami bisa layani pengiriman layanan domestik dan luar negeri. Di acara IFEX 2024 ini, sebesar 30% pengunjung dan pembeli mengirimkan barangnya ke luar negeri sehingga kami menilai ini waktu tepat mengenalkan layanan J&T Cargo internasional," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×