kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.926.000   -27.000   -1,38%
  • USD/IDR 16.520   -20,00   -0,12%
  • IDX 6.833   5,05   0,07%
  • KOMPAS100 987   -1,19   -0,12%
  • LQ45 765   1,61   0,21%
  • ISSI 218   -0,33   -0,15%
  • IDX30 397   1,17   0,30%
  • IDXHIDIV20 467   0,48   0,10%
  • IDX80 112   0,13   0,12%
  • IDXV30 114   0,08   0,07%
  • IDXQ30 129   0,38   0,29%

Jual beli mobil via internet makin diminati


Rabu, 04 Februari 2015 / 13:54 WIB
Jual beli mobil via internet makin diminati
ILUSTRASI. Manfaat terong untuk kesehatan tubuh.


Sumber: TribunNews.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Pertumbuhan pengguna gadget dan makin mudahnya akses internet membuat hampir semua jenis barang dan jasa bisa ditransaksikan dan diperjual-belikan lewat internet. Begitu juga dengan jual beli mobil. Setidaknya itulah hasil temuan Mobil123.com, portal jual beli mobil asal Malaysia yang kini beroperasi di Indonesia.

Mengutip data transaksi penjualan mobil secara online selama 2014 di situs mereka, hampir semua jenis mobil dari merk-merk terkenal laris dibeli konsumen. Toyota menjadi merk mobil yang paling dicari pembeli di situs Mobil123.com. Pangsa permintaan Toyota mencapai 30,2% dari semua merk mobil yang ditampilkan di situs tersebut.

Posisi kedua dan ketiga ditempati oleh Honda dan Suzuki, masing-masing dengan share 15,1% dan 13,6% dan disusul Daihatsu di posisi keempat dengan share 11,7%.

Lalu Nissan di posisi kelima dengan pangsa  9,1%, Mitsubishi di posisi dengan share 8,3% serta Ford di posisi ketujuh dengan share 2%.

Berdasar modelnya, Avanza dan Xenia menjadi model paling diminati konsumen sepanjang tahun 2014 dengan share 5,4% dan 4,6%, disusul Toyota Innova 4,5%, Suzuki APV 3,7% dan Honda Jazz 3,3%.

Country Manager Mobil123.com, PC Gan mengatakan, pihaknya merilis New Car Showroom (NCSR) yang merupakan wajah baru showroom online untuk mobil baru. NCSR ini mulai resmi dioperasikan pada Desember 2014 lalu.

Lewat NCSR, para calon pembeli dapat melakukan riset tentang mobil yang ingin dibeli dari ulasan dari para jurnalis Mobil123.com dan membandingkan fitur serta harga, bahkan mem-booking sesi test drive secara online. "Fasilitas ini membantu konsumen dalam mencari mobil idaman karena dapat mencari mobil berdasarkan tipe body, harga, merek, jumlah penumpang dan lain-lain," kata PC Gan.

Dia menambahkan, dari kacamata dunia otomotif, pertumbuhan transaksi pembelian mobil lewat internet beriringan dengan tren penjualan kendaraan di dunia nyata dimana total mobil terjual di Indonesia selama 2014 lalu mencapai 1,2 juta unit, dan menjadi yang tertinggi di ASEAN. Angka ini akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang dan bahkan banyak pengamat memprediksi penjualan 2 juta unit per tahun akan bisa dicapai Indonesia tak sampai 10 tahun lagi.

"Di tengah peningkatan penggunaan internet dan semakin meningkatnya penjualan mobil di Indonesia inilah Mobil123.com hadir. “Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Indonesia yang hendak mencari atau membeli mobil idaman mereka,” imbuh PC Gan.

Dia memprediksi, ke depannya, Indonesia akan menjadi salah satu kawasan dengan penjualan B2C (Business-to-Consumer) terbesar di dunia.

Mengutip data GlobalWebIndex, dia menyebutkan sebanyak 18 persen konsumen di Indonesia sudah mulai menggunakan internet untuk mempelajari apa yang hendak mereka beli. Sebanyak 16 persen sudah menggunakan internet untuk membeli barang secara online. Itu hitungan desktop.

Di sisi lain, akses mobile internet juga meningkat. Data juga menyebutkan, sebanyak 11% konsumen mempelajari barang yang hendak mereka beli lewat smartphone atau tablet dan 9% membeli barang secara online melalui smartphone atau tablet mereka. (Choirul Arifin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Cara Praktis Menyusun Sustainability Report dengan GRI Standards Strive

[X]
×