kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,31   -4,94   -0.57%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Lepas unit bisnis di Thailand kepada AirAsia, Gojek fokus garap Vietnam dan Singapura


Rabu, 07 Juli 2021 / 15:53 WIB
Lepas unit bisnis di Thailand kepada AirAsia, Gojek fokus garap Vietnam dan Singapura
ILUSTRASI. CEO Gojek Kevin Aluwi bersama CEO AirAsia Group Tony Fernandes saat jumpa pers virtual (7/7/2021).

Reporter: Sandy Baskoro | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Airasia Digital, lini bisnis digital AirAsia Group, mengambil alih operasional Gojek di Thailand.

Kemitraan antara AirAsia dan Gojek diharapkan mempercepat ekspansi super app Airasia di negara ASEAN, sekaligus memperkuat investasi dan fokus pengembangan Gojek di Vietnam dan Singapura.

Dari transaksi itu, Gojek akan mendapatkan kepemilikan saham di super app Airasia yang nilai pasarnya diperkirakan mencapai US$ 1 miliar. Kerja sama ini menjadi landasan kuat bagi kedua perusahaan mengeksplorasi peluang kolaborasi lain di Asia Tenggara sebagai salah satu kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Baca Juga: Malaysia's AirAsia to buy Gojek's Thai business for $50 mln in shares

Sebagai bagian dari komitmennya di Thailand, super app Airasia akan melanjutkan penggunaan ekosistem Gojek untuk para mitra driver, merchant dan pelanggan sekaligus menawarkan layanan baru termasuk di antaranya layanan kebutuhan sehari-hari dan barang kecantikan. Tak hanya itu, Airasia berencana memperluas layanan ke Chiang Mai dan Phuket dalam waktu dekat.

Aplikasi Gojek akan tetap dapat digunakan pelanggan di Bangkok hingga 31 Juli 2021. Hal ini untuk memastikan keberlangsungan bagi mitra driver dan merchant yang akan diajak bergabung ke dalam super app Airasia dalam beberapa pekan mendatang.

Airasia akan bekerja sama dengan tim lokal Gojek Thailand, yang akan mengoperasikan bisnis Gojek selama masa transisi sebelum beralih ke super app Airasia, membawa keahlian mengenai pasar lokal dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan di Thailand.

Baca Juga: Aksi korporasi sejumlah perusahaan besar masih akan marak saat pandemi Covid-19

Kemitraan ini sekaligus memperkuat strategi internasional Gojek yang akan memacu investasinya di Vietnam dan Singapura. Kedua pasar ini akan menjadi sentra pertumbuhan yang kuat untuk bisnis Gojek ke depan, di mana Gojek akan menjalankan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan jumlah mitra driver dan mitra merchant, meningkatkan pengalaman pelanggan, serta meluncurkan produk dan layanan baru.

Airasia Group CEO, Tony Fernandes, menyampaikan, pengumuman ini merupakan awal dari kemitraan strategis jangka panjang yang luar biasa dengan Gojek yang akan menggebrak industri.

“Dengan mengambil alih bisnis Gojek yang sudah mapan di Thailand, kami berharap dapat mempercepat terwujudnya ambisi bisnis kami untuk menjadi super app penantang terdepan di Asean,” kata Tony dalam siaran persnya, hari ini (7/7).

AirAsia Group telah meluncurkan lebih dari 15 lini bisnis di luar maskapai penerbangan dan beragam layanan gaya hidup di platform e-commerce digital di Malaysia. "Sekarang adalah momen yang tepat bagi kami untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Menanggapi tingginya permintaan di Asean, kami akan segera menghadirkan penawaran super app kami di seluruh pasar utama kami lainnya, menyusul peluncuran yang sukses di Thailand,” imbuh Tony.

Baca Juga: GoSend Bersiaga Hadapi Permintaan Saat PPKM Darurat

CEO Gojek, Kevin Aluwi mengatakan, kesepakatan ini merupakan bukti pencapaian tim Gojek di Thailand, yang telah mengembangkan bisnis dari nol hingga menjadi penyedia layanan yang mempermudah hidup ratusan ribu orang di negara Thailand.

“Airasia Digital dan super app Airasia akan menjadi mitra yang sangat berharga bagi kami karena memiliki tujuan yang sama untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan sembari meningkatkan kesejahteraan hidup mitra driver dan mitra merchant," kata dia.

Di saat yang sama, kesepakatan ini memungkinkan Gojek memperkuat fokus dan investasi di pasar internasional, yaitu Vietnam dan Singapura. "Kedua pasar ini memberikan tingkat pengembalian investasi (return on investment) yang optimal dengan peluang pertumbuhan strategis terbaik,” ungkap Kevin.

Ekspansi terbaru, Gojek juga meluncurkan produk GoTaxi atau layanan pesan taksi melalui aplikasi di pasar Singapura.

Sementara di Vietnam, Gojek segera meluncurkan layanan transportasi roda empat. Layanan ini melengkapi layanan roda dua, logistik dan pesan antar makanan yang sudah tersedia.

Selanjutnya: Pluang menggandeng Gopay untuk pembayaran reksadana

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×