Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Herlina Kartika Dewi
JAKARTA. Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar sejak 19 September hingga 29 September lalu berhasil mencetak penjualan sebanyak 19.367 unit kendaraan, naik 11,52% ketimbang tahun lalu. Total transaksi yang berhasil diraup dalam gelaran IIMS tahun ini mencapai Rp 4,9 triliun, naik 6,5% dari tahun lalu.
Ketua Panitia IIMS 2013, Johnny Darmawan bilang, gelaran tahunan ini membawa angin segar bagi industri otomotif di tengah lesunya ekonomi nasional. Menurutnya, pameran IIMS makin menguatkan keyakinan pebisnis otomotif untuk bisa mencapai target penjualan 1,1 juta unit mobil tahun ini. "Antusiasme pengunjung membuat kami optimistis penjualan mobil tahun ini bisa tercapai," ujarnya, Senin (30/9).
Catatan saja, IIMS 2013 berhasil menyedot 373.661 pengunjung. Sebagai gambaran, jumlah pengunjung yang datang ke IIMS tahun 2012 lalu sebanyak 368.790 orang. Johnny bilang, kontribusi penjualan terbesar dalam IIMS 2013 berasal dari segmen mobil kompak (compact car) dan Multi Purpose Vehicle (MPV).
Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie D. Sugiarto bilang, melihat penjualan dalam IIMS 2013, ia optimistis penjualan mobil tahun ini bakal terdongkrak menjadi 1,2 juta unit. "Kami berharap bisa mencapai target ini di tengah kendala pelemahan rupiah dan kenaikan suku bunga Bank Indonesia," katanya.
Dari total penjualan kendaraan di IIMS 2013, PT Honda Prospek Motor (HPM) mampu menjual 6.868 unit mobil atau berkontribusi 35,46% dari total penjualan mobil dalam pameran tersebut. Padahal sebelumnya, Direktur Pemasaran HPM Jonfis Fandy bilang dalam IIMS 2013 perusahaan hanya menargetkan penjualan sebanyak 3.200 unit mobil.
Penjualan tertinggi HPM diraih oleh mobil Low MPV terbarunya, yakni Honda Mobilio sebanyak 2.508 unit. Sedangkan 4.360 unit lainnya berasal dari penjualan model-model Honda yang telah dipasarkan saat ini. “Kehadiran Honda di IIMS kali ini didukung produk-produk yang segar serta berbagai program penjualan yang dirancang untuk memudahkan semua orang untuk memiliki mobil Honda," ujar Jonfis.
Pabrikan otomotif lainnya yakni PT Astra Daihatsu Motor (ADM) berhasil menjual 930 unit mobil. "Dari jumlah itu, Daihatsu Ayla berkontribusi 55% dan Kemudian disusul penjualan Xenia serta Terios," kata Hendrayadi Lastiyoso, Head Marketing Division ADM. Sedangkan PT Toyota Astra Motor (TAM) hingga saat ini masih menghitung berapa jumlah total penjualan kendaraan yang berhasil diraup selama gelaran IIMS 2013. Yang jelas, "Sepertinya penjualan tertinggi Toyota Avanza," kata Widyawati Soedigdo, General Manager Corporate Planning and Public Relation Toyota Astra Motor.
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil menjual 927 unit dengan kontribusi terbesar dari Suzuki Ertiga. Direktur Penjualan SIS, Endro Nugroho bilang, Suzuki Ertiga mengkontribusi sekitar 50% dari total penjualan Suzuki selama IIMS 2013.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News