kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.325
  • EMAS681.000 0,89%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Jurus meraih diskon besar di IIMS

Jumat, 26 September 2014 / 17:36 WIB

Jurus meraih diskon besar di IIMS

Berita Terkait

JAKARTA. Meski agen tunggal pemegang merek (ATPM) peserta IIMS 2014 selalu mengelak dan mengatakan pameran ini bukan ajang jualan, tetapi tetap saja banyak diskon berhamburan. Ajang ini juga banyak dinantikan konsumen Ibu Kota khususnya untuk membeli mobil karena menjadi "one stop shopping" untuk segala keperluan otomotif.

Lantas bagaimana caranya pengunjung bisa efektif mendapatkan negosiasi diskon terbaik? Simak tips KompasOtomotif berikut ini.


Pertama, identifikasi diri. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui daya beli. Pastikan berapa budget yang dimiliki, Rp 100 juta, Rp 200 juta, Rp 300 juta, atau lebih tinggi lagi. 

Kedua, tentukan pilihan. Sebelum memutuskan berangkat ke pameran, pastikan target kendaraan yang dipilih. Tentukan pilihan yang sesuai kebutuhan, apakah sedan, mobil kota, hatchback, MPV, SUV, atau pikap.

Ketiga, bekali diri sedalam mungkin. Setelah menentukan jenis kendaraan dan mengetahui budget yang ada, selaraskan keduanya. Cari model-model yang masuk dalam kategori sesuai pilihan, pelajari sedalam mungkin. Internet bisa jadi sumber informasi utama, mulai dari harga jual, tipe, varian, warna, dan beberapa merek yang menawarkan model serupa. 

Keempat, Pastikan juga melihat promo-promo penjualan yang ditawarkan. Biasanya, selama pameran banyak berita-berita yang dibuat media peliput pameran menginformasikan soal diskon. Pilih media yang terpercaya, catat besaran diskon, dan bandingkan dengan model sejenis dari merek lain. 

Kelima, waktu luang. Membeli mobil di IIMS membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Pilihlah hari di mana Anda libur atau tidak punya aktivitas lain. Pastikan fisik Anda prima, karena pameran ini lumayan luas areanya. Supaya bisa negosiasi lebih efektif dengan para pramuniaga di pameran, datang pada hari kerja relatif lebih baik ketimbang wiken yang cenderung lebih ramai pengunjung.

Keenam, sabar. Setiap merek memiliki pramuniaga andal dalam memasarkan produknya masing-masing. Saat berjumpa dengan mereka, pastikan sikap Anda tenang. Jaga emosi, jangan terlalu menunjukkan diri kalau Anda sudah punya bekal informasi cukup sebelumnya. Ikuti berbagai informasi yang mereka tawarkan. 

Pada saat ini, Anda sudah bisa menanyakan diskon serta paket promosi apa yang ditawarkan selama pameran. Hindari memberikan nomor ponsel Anda, sebelum benar-benar tertarik pada tawaran yang diberikan.

Ketujuh, perbandingan wajib dilakukan. Jangan langsung memutuskan untuk membuka SPK (surat pemesanan kendaraan) sebelum membandingkan dengan model serupa dari merek lain. Pertimbangkan keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan masing-masing merek. Biasanya, diskon yang disebut di awal penjelasan mereka belum maksimal, pastikan untuk bisa meminta negosiasi tambahan. 

Ketahui juga biasanya, setiap model sudah ditetapkan pagu diskonnya masing-masing oleh dealer tempat pramuniaga berasal. Setiap dealer juga punya kebijakkan berbeda-beda, meskipun satu merek yang sama. Atas dasar ini, perbandingan juga bisa dilakukan dengan pramuniaga lain di merek yang sama. 

Delapan, tentukan pendirian. Jangan takut untuk menolak pramuniaga, jika mereka sudah terlalu memaksakan kehendak dan menawarkan negosiasi yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Ingat bonus pendapatan pramuniaga juga banyak yang diperoleh dari besaran diskon yang diberikan. Jadi semakin besar diskon yang Anda terima, semakin kecil bonus yang mereka terima.


Sumber : Kompas.com
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0453 || diagnostic_web = 0.3453

Close [X]
×