kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.904.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.280   3,00   0,02%
  • IDX 7.113   44,39   0,63%
  • KOMPAS100 1.038   7,95   0,77%
  • LQ45 802   5,08   0,64%
  • ISSI 229   1,99   0,87%
  • IDX30 417   1,49   0,36%
  • IDXHIDIV20 489   1,52   0,31%
  • IDX80 117   0,66   0,57%
  • IDXV30 119   -0,75   -0,63%
  • IDXQ30 135   0,08   0,06%

KA Parahyangan Berubah Wajah Jadi KA Argo Parahyangan


Senin, 26 April 2010 / 07:00 WIB


Sumber: KONTAN |

JAKARTA. PT Kereta Api (Persero) atau PTKA tampaknya khawatir penumpang KA Parahyangan yang dipensiunkan mulai 27 April 2010 akan diambil alih perusahaan travel. Itu sebabnya, PTKA memutuskan untuk tetap menyediakan layanan KA Parahyangan untuk memenuhi permintaan penumpangnya.

Vice President Public Relations PTKA Adi Suryatmini mengatakan, keputusan untuk mengakomodasi permintaan masyarakat itu ternyata tidak diwujudkan dengan melajukan kereta yang sama; melainkan dengan menggabungkan dua kereta kelas bisnis yang menjadi layanan KA Parahyangan dengan empat kereta kelas eksekutif milik KA Argo Gede.

"Mulai 27 April 2010, masyarakat bisa menikmati layanan kelas eksekutif dan bisnis rute Jakarta-Bandung dengan KA Argo Parahyangan," jelas Adi.

PTKA membanderol harga tiket kelas bisnis Rp 30.000 per penumpang dan kelas eksekutif Rp 50.000 per penumpang. Kereta itu diberangkatkan sebanyak tujuh kali per hari dari Bandung, yaitu pada pukul 05.30, 06.30, 11.30, 14.40, 16.30, plus satu pemberangkatan kondisional pukul 20.15 WIB.

Sementara di akhir pekan, harganya dinaikkan sedikit Rp 5.000 dengan dua kali keberangkatan tambahan pada pukul 08.45 WIB untuk Sabtu dan Minggu. Serta satu pemberangkatan tambahan setiap Senin pukul 04.00 WIB dari Bandung.

Adi menambahkan, tadinya KA Parahyangan diberangkatkan 12 kali per hari namun tingkat okupansinya tidak pernah lebih dari 50% sejak Tol Cipularang dioperasikan. "Dengan frekuensi perjalanan yang tidak terlalu padat diharapkan bisa meningkatkan ketepatan waktu dan tingkat okupansi di atas 80%," kata Adi.

Langkah PTKA untuk tetap menggenggam penumpang eks KA Parahyangan dengan merilis KA Argo Parahyangan nyatanya tidak menggoyahkan rencana perusahaan travel yang sudah kadung bertekad akan menggaet penumpang eks KA Parahyangan.

"Day Trans tetap menjalankan rencana investasi tambahan. Karena kami menawarkan kualitas layanan, varian waktu keberangkatan dan jam operasi yang cukup panjang dari 04.30 WIB sampai 21.30 WIB," kata General Manager PT Day Trans Adi Atmanto.

PT Cipaganti Citra Graha juga tak gentar dengan kemunculan KA Argo Parahyangan ini. . "Cipaganti Group tetap akan melakukan investasi sesuai rencana," kata Direktur Cipaganti Tommy Teguh Susetio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Banking Your Bank

[X]
×