kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kacific gandeng Petro1 layani kebutuhan internet di Indonesia


Senin, 28 Oktober 2019 / 22:08 WIB
Kacific gandeng Petro1 layani kebutuhan internet di Indonesia
ILUSTRASI. Teknisi Telkomsel sedang melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS). Telkomsel terus melakukan percepatan pemerataan jaringan 4G hingga ke pelosok negeri, di mana hingga akhir September 2019 berhasil merampungkan pembangun

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kacific Broadband Satellites Group memilih PT Petro One Indonesia sebagai mitra penyedia layanan ground infrastructure di Indonesia. Kerjasama ini dilakukan untuk satelit terbaru Kacific yang dibangun oleh Boeing dan akan diluncurkan pada akhir tahun ini.

Petro1 akan mengoperasikan dan menyediakan layanan first level untuk gateway Kacific dari fasilitas milik Petro1 di Surabaya dan Pasuruan. Dengan antena berukuran 9 meter dan peralatan teknologi canggih lainnya, Petro1 akan mendistribusikan data-data ke satelit dan sebaliknya.

Tambahan diversity site yang berjarak lebih dari 60 km dari main hub, Kacific memastikan ketersediaan layanan dan redudansi kapasitas yang lebih baik. Petro1 juga akan menjadi ketersediaan data center yang aman dan canggih tersambung ke fiber optik.

Baca Juga: Pendapatan dan laba Link Net (LINK) menyusut di kuartal III 2019

Kacific menyiapkan jaringan pita lebar berkecepatan tinggi berbiaya terjangkau untuk penyediaan layanan jasa internet (ISP) maupun pemerintah. Kontrak dengan mitra lokal di Indonesia merupakan wujud investasi infastruktur yang dilakukan pihaknya.

"Kacific memilih untuk menempatkan ground infrastructure di Indonesia, karena Indonesia merupakan pasar yang penting bagi kami," ujar Christian Patouraux, CEO Kacific dalam siaran pers, Senin (28/10)

Pita lebar dengan kecepatan tinggi dibutuhkan untuk mendukung program konektivitas pemerintah terutama untuk memperkuat infrastruktur broadband di seluruh nusantara. Petro1 akan memastikan kinerja satelit Kacific di Indonesia bekerja optimal.

Baca Juga: Di kuartal 4, Telkomsel fokus percepatan pemerataan infrastruktur teknologi broadband

Marlina Sagaf, CEO Petro1 menambahkan bahwa pihaknya senang bekerjasama dengan Kacific untuk teleport hosting, layanan pendukung dan pemeliharaan jangka panjang untuk satelit berkecepatan tinggi.

Bersama Kacific, pihaknya akan memberikan layanan VSAT berkecepatan tinggi yang handal melalui stasiun bumi milik Petro 1 di Surabaya dan Pasuruan.

"Ini pekerjaan yang luar biasa. Petro 1 dan Kacific akan memberikan pelayanan internet yang baik untuk seluruh wilayah Indonesia, terutama bagi rakyat dan UMKM di pedesaan dan daerah-daerah terpencil," tambahnya.

Baca Juga: Huawei terus lakukan edukasi dan sosialisasi teknologi jaringan 5G

Pita lebar Kacific dapat memperkuat layanan-layanan seperti mobile backhaul untuk jaringan selular dan internet broadband melalui antena VSAR berdiameter di bawah 1,5 meter untuk UMKM. "Layanan itu akan meningkatkan konektivitas dan akses internet di wilayah yang saat ini berada di luar jangkauan infrastruktur terestrial," tutupnya.





Close [X]
×