kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KAI gratiskan tiket perjalanan lokal pada 17 Agustus, siapa mau?


Kamis, 15 Agustus 2019 / 06:15 WIB
KAI gratiskan tiket perjalanan lokal pada 17 Agustus, siapa mau?
ILUSTRASI. COMMUTER LINE


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JOMBANG. PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan tarif nol rupiah alias gratis kepada penumpang yang menggunakan jasa kereta api untuk perjalanan lokal Jawa Timur, pada Sabtu (17/8) nanti.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, kebijakan promo ini, merupakan bentuk partisipasi KAI untuk menyemarakkan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia dan berlaku untuk KA Lokal atau Komuter PSO bersubsidi dan Perintis.

Disebutkan, kereta api dengan tarif nol rupiah atau gratis bagi penumpang, yakni KA Dhoho relasi Blitar - Kertosono - Surabayakota. Ini berlaku untuk perjalanan pulang-pergi (PP).

Baca Juga: Aturan baru KAI: Sepeda yang boleh dibawa hanya sepeda lipat

Ketentuan yang sama juga berlaku untuk KA Penataran relasi Surabayakota - Malang - Blitar (PP) dan KA Penataran relasi Blitar - Surabaya Gubeng, serta KA Ekonomi Lokal relasi Kertosono - Surabayakota.

Dikatakan Ixfan, untuk bisa menikmati fasilitas tarif nol rupiah, para penumpang diharuskan tetap memegang tiket. Tiket tersebut bisa didapatkan di Stasiun Kereta keberangkatan.

"Meski gratis, masyarakat tetap harus memiliki tiket dengan nominal Rp 0 yang bisa didapatkan di loket stasiun keberangkatan secara go show, mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/8).

Baca Juga: Semester I 2019, KAI alami peningkatan penumpang sebesar 2%

Dijelaskan, sepanjang masih tersedia kuota atau kapasitas kursi penumpang, masyarakat masih bisa mendapatkan layanan tersebut. Para pelanggan kereta api diharapkan bisa memanfaatkan fasilitas itu dengan baik. "Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api," tambah Ixfan.

Sementara itu, lanjut Ixfan, bagi penumpang yang sudah memesan tiket dengan tarif normal, bisa menukarkannya dengan tiket gratis. Pengembalian uang tiket, diberikan tenggat waktu hingga 3 hari setelah perjalanan.

"Bea tiket tersebut bisa diambil di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 hari sejak kedatangan KA. Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket / boarding pass / e-boarding pass ke petugas di stasiun," jelas Ixfan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pada 17 Agustus, PT KAI Gratiskan Tiket Perjalanan Kereta Api Lokal"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×