kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.826.000   20.000   1,11%
  • USD/IDR 16.565   5,00   0,03%
  • IDX 6.511   38,26   0,59%
  • KOMPAS100 929   5,57   0,60%
  • LQ45 735   3,38   0,46%
  • ISSI 201   1,06   0,53%
  • IDX30 387   1,61   0,42%
  • IDXHIDIV20 468   2,62   0,56%
  • IDX80 105   0,58   0,56%
  • IDXV30 111   0,69   0,62%
  • IDXQ30 127   0,73   0,58%

KAI Telah Layani 1,6 Juta Penumpang Selama Periode Mudik Lebaran 2025


Minggu, 30 Maret 2025 / 11:39 WIB
KAI Telah Layani 1,6 Juta Penumpang Selama Periode Mudik Lebaran 2025
ILUSTRASI. KAI mencatat sejak dimulainya periode Angkutan Lebaran pada 21 Maret hingga 29 Maret 2025 pukul 24.00 WIB, KAI telah melayani 1.659.954 penumpang kONTAN/Cheppy A. Muchlis/23/03/2025


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sejak dimulainya periode Angkutan Lebaran pada 21 Maret hingga 29 Maret 2025 pukul 24.00 WIB, KAI telah melayani 1.659.954 penumpang di seluruh wilayah operasionalnya, baik di Pulau Jawa maupun Sumatra. 

"Adapun stasiun-stasiun utama dengan volume keberangkatan tertinggi meliputi Stasiun Pasarsenen, Gambir, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Semarang Tawang Bank Jateng, Surabaya Pasar Turi, Semarang Poncol, Bekasi, Bandung, dan Purwokerto," kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangan resminya, Minggu (30/3).   

Anne menyebut secara total, KAI menyediakan total kapasitas hingga 4.591.510 tempat duduk untuk perjalanan periode 21 Maret – 11 April 2025, yang terdiri dari 3.443.832 tempat duduk untuk Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) dan 1.147.678 tempat duduk untuk Kereta Api Lokal. 

Baca Juga: Rekor Baru! KAI Layani 10,6 Juta Pemudik dalam Sepekan

Anne bilang penjualan tiket menunjukkan tren positif dengan total 3.407.630 tiket telah terjual, atau sekitar 74,22% dari total kapasitas yang disediakan. Dari jumlah tersebut, tiket KA Jarak Jauh yang telah terjual mencapai 3.041.548 dengan tingkat okupansi 88,32%, sedangkan tiket KA Lokal terjual sebanyak 366.082 tiket atau 31,90% dari kapasitas yang tersedia. 

Lebih lanjut, Anne mengatakan pada periode mudik kali ini, KAI juga menyediakan layanan bagi pemudik yang ingin membawa hewan peliharaannya ke kampung halamannya melalui KAI Logistik, Kalog Ekspress. 

Menurutnya fasilitas ini hadir karena salah satu pertimbangan utama bagi pemudik adalah bagaimana mengurus hewan peliharaan saat bepergian jauh. Mengingat kebijakan perjalanan dengan kereta api tidak mengizinkan penumpang membawa hewan peliharaan ke dalam kereta penumpang.

“KAI Logistik melalui layanan Kalog Ekspress menyediakan layanan pengiriman hewan yang aman dan terpercaya, sehingga pelanggan tidak perlu khawatir meninggalkan hewan kesayangannya saat mudik,” ujarnya.

Kalog Express menerapkan prosedur pengiriman yang ketat untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan hewan selama perjalanan. Hewan akan ditempatkan di gerbong khusus dengan pengawasan berkala, memastikan kondisi tetap optimal hingga tiba di tujuan. 

“Kami memastikan hewan dalam kondisi baik selama perjalanan, dengan pemeriksaan rutin oleh petugas di gerbong khusus,” tambah Anne.

Untuk menggunakan layanan ini, pelanggan harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, termasuk penggunaan pet cargo yang sesuai dengan ukuran hewan, menyediakan makanan dan minuman yang cukup selama perjalanan, serta memastikan hewan dalam kondisi sehat. 

Baca Juga: KAI Layani Lebih dari 10 Juta Penumpang Selama Angkutan Lebaran 2025

Selain itu, pengamanan ekstra seperti penggunaan cable ties pada pet cargo juga disarankan demi keselamatan hewan selama proses pengiriman.

Layanan pengiriman hewan peliharaan melalui Kalog Express tersedia dengan tarif yang kompetitif, mulai dari Rp100.000 untuk berat 10 kg pertama, dengan tarif tambahan per kilogram selanjutnya berdasarkan kota tujuan. 

“Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, selama periode mudik dan arus balik Lebaran 2025, KAI Logistik menghadirkan promo diskon hingga 40% untuk layanan pengiriman hewan,” ungkap Anne.

Promo ini berlaku di 67 titik layanan yang tersebar di berbagai kota, dengan cakupan pengiriman lintas selatan seperti Bandung, Yogyakarta, Solo, Jombang, Kebumen, Klaten, Kroya, Kutoarjo, Madiun, hingga Surabaya. Dengan estimasi waktu pengiriman kurang dari 24 jam, layanan ini menjadi solusi ideal bagi pemudik yang ingin tetap dekat dengan hewan kesayangannya di kampung halaman.

Dengan adanya layanan ini, pelanggan KAI tidak perlu lagi khawatir harus meninggalkan hewan peliharaan selama perjalanan mudik.

“KAI berkomitmen memberikan layanan terbaik tidak hanya bagi penumpang, tetapi juga dalam menyediakan solusi logistik yang inovatif dan sesuai kebutuhan masyarakat,” tutup Anne. 

Selanjutnya: Presiden Prabowo akan Gelar Open House di Istana Merdeka, Masyarakat Diundang

Menarik Dibaca: Resep Mangga Sagu yang Segar dan Creamy, Sajian Pencuci Mulut saat Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×