kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.399.000   13.000   0,94%
  • USD/IDR 16.140
  • IDX 7.328   27,17   0,37%
  • KOMPAS100 1.142   4,95   0,44%
  • LQ45 920   5,02   0,55%
  • ISSI 219   0,28   0,13%
  • IDX30 458   2,53   0,56%
  • IDXHIDIV20 549   3,16   0,58%
  • IDX80 129   0,76   0,60%
  • IDXV30 127   0,36   0,29%
  • IDXQ30 155   0,64   0,42%

Kalbe Farma (KLBF) Gandeng RSUD DR. Moewardi Buka Layanan Terapi Sel


Rabu, 10 Juli 2024 / 17:17 WIB
Kalbe Farma (KLBF) Gandeng RSUD DR. Moewardi Buka Layanan Terapi Sel
ILUSTRASI. Founder and Honorary Chairman Kalbe Group Dr.Boenjamin Setiawan Ph.D (kedua dari kanan) tengah berbincang masing masing (kiri ke kanan) Profesor of Neurology Harvard Medical School&Director of the Center for Neuroregeneration Research Prof. Ole Isacson, MD, Ph.D, Chief Scientist Stemedika International Tristan Belmont Ph.D serta Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Unika Atmajaya Dr. Stefanus Lembar Sp.PK saat acara program edukasi Dr. Boenjamin Setiawan Distinguished Lecture Series di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya, Jakarta (11/9). Kegiatan yang dilakukan melalui Stem Cell and Cancer Institute (SCI), unit bisnis Kalbe, mengusung tema Regenarating the brain with stem cells ini mendatangkan praktisi dan ahli terapi sel dan neuroscience yang diharapkan dapat menjadi wadah edukasi bagi para pemerhati kesehatan. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/11/09/2014


Reporter: Shifa Nur Fadila | Editor: Putri Werdiningsih

KONTAN.CO.ID - JAKRTA. PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) resmi menggandeng RSUD Dr. Moewardi,Solo dalam bidang terapi sel dan produk turunannya seperti stem cell, secretome dan exosome.Kerja sama tersebut dilakukan oleh Regenic Stem Cell fasilitas produksi milik anak usaha KLBF, PT Bifarma Adiluhung (BFA).

Direktur Regenic Stem Cell, Sandy Qlintang mengatakan fasilitas layanan stem cell akan memungkinkan lebih banyak pasien untuk mendapatkan manfaat dari terapi stem cell dan secretome. Selain itu, juga akan membuka jalan baru dalam penelitian dan pengembangan stem cell, serta menciptakan berbagai peluang untuk penemuan medis yang lebih revolusioner di masa depan. 

"Dengan penunjukkan PT Bifarma Adiluhung Regenic dalam pengembangan fasilitas layanan stem cell, kami berharap RS Dr. Moewardi dapat memberikan akses pelayanan yang lebih luas kepada masyarakat terhadap teknologi pengobatan regeneratif yang canggih,” ucapnya pada keterangan tertulis, Rabu (10/7).

Baca Juga: Optimistis Tumbuh Dobel Digit Tahun Ini, Simak Strategi Kalbe Farma (KLBF)

Sandy mengungkapkan melalui penelitian dan kolaborasi yang berkelanjutan, BFA berkomitmen untuk mencapai kemajuan signifikan dalam pengobatan regeneratif dan membawa harapan baru bagi masyarakat Indonesia. Ia berharap dapat melanjutkan kerjasama dengan baik dan membawa dampak positif yang nyata bagi dunia medis dan kesehatan di Indonesia. 

Direktur RSUD Dr. Moewardi, Cahyono Hadi menambahkan selain akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Moewardi, khususnya dalam bidang terapi stem cell, Kerjasama ini juga akan membuka peluang lebih besar untuk riset dan inovasi di bidang Kesehatan. Dengan adanya kolaborasi dengan PT Bifarma Adiluhung, harapannya dapat memberikan akses kepada teknologi terbaru dalam bidang stem cell dan secretome. 

"Hal ini akan memungkinkan kami untuk menawarkan terapi yang lebih efektif dan inovatif kepada pasien-pasien kami," tandasnya. 

RSUD Dr. Moewardi telah membangun fasilitas laboratorium stem cell yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah pada 11 Juli 2023. Saat ini sedang berproses untuk mendapatkan ijin operasional sebagai laboratorium pengolahan sel punca dan sertifikasi GMP (Good Manufacturing Practice) atau CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik). Oleh karena itu, manajemen rumah sakit bekerjasama dengan BFA untuk  membantu proses mendapatkan sertifikasi GMP. BFA merupakan industri farmasi pertama  yang memiliki fasilitas produksi stem cell bersertifikasi CPOB dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) sejak tahun 2013.  

Selanjutnya: Melantai di BEI, UBC Medical Indonesia (LABS) Siapkan Strategi Saat Rupiah Melemah

Menarik Dibaca: 3 Koin Ini Akan Tidak Dapat Lagi Diperjualbelikan di Tokocrypto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×