kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kawasan Lagoi Ditetapkan Sebagai Lokasi Pembangunan Sirkuit F1 Bintan


Jumat, 15 April 2022 / 20:57 WIB
Kawasan Lagoi Ditetapkan Sebagai Lokasi Pembangunan Sirkuit F1 Bintan
ILUSTRASI. Sejumlah wisatawan bercengkerama di Pantai Teluk Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau,


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kawasan Lagoi telah ditetapkan sebagai lokasi pembangunan Sirkuit F1 Bintan, di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Pemilihan ini setelah Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Gallant Venture Pte LTD dan Pemprov Kepri melaksanakan Rakor Percepatan Pembangunan Sirkuit F1 Bintan pada Kamis (14/04/2022).

Mengingat, sebelumnya ada tiga lokasi yang memungkinkan dibangun Sirkuit Internasional Bintan. Meliputi Lagoi Bay, Kepri Bay, dan area Berakit.

Mengutip informasi dari unggahan akun Instagram Ketua IMI Bambang Soesatyo yakni @bambang.soesatyo, pihaknya telah memilih Kawasan Lagoi sebagai lokasi pembangunan Bintan International Circuit (BIC).

Baca Juga: Pemprov Kepri Pastikan Memberi Dukungan Perizinan untuk Sirkuit F1 Bintan

Pria akrab disapa Bamsoet itu mengatakan, penentuan lokasi tersebut dilakukan setelah Populous selaku tim konsultan arsitek asal Inggris melakukan identifikasi.

Selain penentuan lokasi, Populous yang menangani landscape design sirkuit juga sudah mematangkan Detail Engineering Design (DED) termasuk desain lintasan/track sirkuit.

"Direncanakan dalam lintasan sirkuit ada 17 tikungan untuk motor doda dua, serta 18 tikungan untuk Formula 1," ujar Bamsoet.

Menurut dia, saat ini tim konsorsium sedang mematangkan rencana pengembangan bisnis di kawasan Sirkuit Internasional Bintan.

"Ditargetkan pada Mei 2022 seluruh perencanaan bisnisnya sudah selesai, sehingga Presiden Joko Widodo sekaligus Bapak Otomotif Indonesia sudah bisa melakukan groundbreaking pembangunan Bintan International Circuit," jelasnya.

Pembangunan Sirkuit F1 Bintan akan memanfaatkan lahan sekitar 237 hektar. Menggunakan dana investasi murni dari konsorsium swasta senilai Rp 1,2 triliun.

"Selain digunakan untuk balapan Formula 1, Bintan International Circuit juga bisa digunakan untuk balapan internasional lainnya," pungkas Bamsoet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Lokasi Sirkuit F1 Bintan Ditetapkan di Lagoi, Bakal Punya 18 Tikungan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×