kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Kecepatan Yamaha R15 tembus 133 Km/Jam!


Jumat, 25 April 2014 / 22:49 WIB
Kecepatan Yamaha R15 tembus 133 Km/Jam!
ILUSTRASI. Intip Kurs Dollar-Rupiah di Bank Mandiri Hari Ini, Jumat 2 Desember 2022./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/26/09/2022.


Reporter: Hendra Gunawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Lama dinanti, akhirnya YZF-R15 versi Yamaha Indonesia resmi dipasarkan dengan harga Rp 28 juta OTR Jakarta. Soal tampilan tak perlu didebatkan, sporty dan aerodinamis mirip sang kakak YZF-R6.

Finishing jauh lebih halus dan rapi dari yang dipasarkan di India. Kedua, kontak sudah berpengaman magnet, kuncinya mirip New V-Ixion Lightning (NVL). Kemudian pelindung di footstep lubang hanya 3, lalu kaki belakang tanpa sari guard dan sepatbor kolong pendek.

Posisi duduk terbilang racy, setang jepitnya menekuk ke bawah dan posisi sejajar tangki. Jadi badan memang cukup merunduk. Handel rem dan kopling khas motor sport Yamaha, jauh! Bagi pemilik jari pendek pasti cukup susah menjangkau.

Putar kontak on, tampilan panel indikator terbilang menarik. Warna dasar putih dipadu jarum takometer merah, siang atau malam tetap enak dilihat. Bersamaan kontak on, lampu kiri otomatis menyala, sistemnya DC nih, beda dengan NVL yang AC.

Saat mesin menyala, suara persis NVL, karena mesin sama cuma pakai transmisi 6 speed. Grip gas putarannya ringan banget, kopling juga empuk. Tuas gigi pun enteng dicungkil, pindah giginya sangat mudah.

Respons mesin di rpm rendah biasa saja mirip NVL. Tenaga dan torsi maksimal persis NVL, 16,59 dk/8.500 rpm dan 14,5 Nm/7.500 rpm. Putaran mesin akan teriak cepat jika telah menyentuh 6.000 rpm dan akan melesat sampai 10.500 rpm sebelum kena limiter.

Redaman monosoknya menunjang untuk high speed. Kontak berpengaman magnet, kunci mirip NVL.

Gigi 1 sampai 4 sangat mudah menyentuh limiter, beda cerita di gigi 5, sangat lambat. Apalagi gigi 6, dari 10.500 rpm saat gigi 5 langsung drop ke 9.000 rpm dan rambatannya sangat pelan. Maklum gigi 6 sangat overdrive.

Top speed yang bisa diraih pada trek 1 km, pada gigi 6 di 9.300 rpm terbaca 133 km/jam di spidometer.

Akselerasi terbilang cukup cepat, kecepatan 60 km/jam ditempuh hanya 4,5 detik. Sedang 100 km/jam 12,8 detik. Jarak 201 meter perlu waktu 11,5 detik, dan 402 meter 18,5 detik.

Data Akselerasi:
0-60 km/j: 4,5 detik
0-80 km/j: 7,6 detik
0-100 km/j: 12,8 detik
0-100 m: 7,4 detik
0-201 m: 11,5 detik
0-402 m: 18,5 detik
Top speed: 133 km/j
(Racelogic: 126,6 km/j)

Data Spesifikasi
PxLxT: 1.975 x 660 x 1.070 mm
Jarak sumbu roda: 1.345 mm
Jarak terendah ke tanah: 160 mm
Tinggi tempat duduk: 800 mm
Berat isi: 136 kg
Kapasitas tangki bensin: 12 liter
Tipe mesin: 4 langkah 4 klep SOHC berpendingin cairan
Diameter x langkah: 57 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi: 10,4 : 1
Daya maksimum: 12,2 kW (16,59 dk)/8.500 rpm
Torsi maksimum: 14,5 Nm/7.500 rpm
Sistem starter: Electric starter
Sistem bahan bakar: Fuel Injection System
Tipe kopling: Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi: Return 6 kecepatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×