kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,53   -6,82   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kembali Cetak Laba, Ini Strategi Blue Bird (BIRD) di Semester II-2022


Kamis, 04 Agustus 2022 / 11:22 WIB
 Kembali Cetak Laba, Ini Strategi Blue Bird (BIRD) di Semester II-2022
ILUSTRASI. kinerja Blue Bird (BIRD) di semester I-2022 moncer


Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Blue Bird Tbk (BIRD) catat kinerja mumpini di semester I-2022. Di mana, Blue Bird berhasil kembali mencetak laba bersih di semester I-2022.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, laba bersih atau laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp 146,18 miliar di semester I-2022. Padahal, di periode yang sama tahun lalu, BIRD masih cetak rugi bersih Rp 30,13 miliar.

Keberhasilan BIRD kembali cetak laba bersih sejalan dengan pendapatan perusahaan yang melonjak 48% menjadi Rp 1,54 triliun di semester I-2022. Pendapatan ini pun sudah hampir menyamai pendapatan periode pra-pandemi BIRD.

Kenaikan pendapatan juga membuat laba operasional BIRD pada semester I-2022 meningkat tajam hingga 386% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pencapaian tersebut diraih seiring dengan upaya Blue Bird mempertahankan posisi kas yang sehat dan neraca yang kuat. Hal ini telah menjadi etalase untuk menunjukkan kekuatan dan ketangguhan Blue Bird dalam menghadapi situasi pandemi ini.

Hal yang sama terlihat pada EBITDA (pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi,dan amortisasi) yang mengalami kenaikan 102% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya menjadi Rp 383 miliar di tahun ini.

Baca Juga: Blue Bird (BIRD) Bakal Realisasikan Penambahan Ribuan Armada di Semester II 2022

Pada semester pertama tahun ini, layanan taksi reguler Bluebird mendominasi perolehan pendapatan dan mengalami peningkatan pertumbuhan hingga 45% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Ditambah lagi guna melayani dan memenuhi permintaan pasar terhadap layanan taksi, khususnya di kuartal kedua 2022, BIRD terus berupaya meremajakan armada operasinya.

Sambil menunggu kedatangan armada baru, BIRD terus menyeimbangkan antara ketersediaan dan permintaan mobil bekas. Seiring dengan penurunan jumlah unit mobil bekas terjual, terjadi peningkatan capital gain per mobil, sehingga BIRD dapat membukukan kenaikan penjualan sebesar Rp 25,8 miliar pada semester pertama 2022.

Direktur Utama Blue Bird Sigit Djokosoetono mengatakan, kinerja keuangan positif Bluebird bukanlah hal yang mudah dicapai dan penuh dengan berbagai tantangan, mengingat pemberlakuan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat yang diterapkan di sejumlah daerah.

“Dengan tren kinerja positif yang secara berkelanjutan ditunjukkan perusahaan, kami bersyukur dapat menjadi perusahaan yang semakin adaptif dan tangguh di tengah tantangan pandemi dengan mencatatkan pertumbuhan positif selama 3 kuartal terakhir berturut-turut," ucap Sigit dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Kamis (4/8).

 

Ke depan, Sigit optimis terhadap target yang bakal diraih BIRD. Serta, berkomitmen untuk terus mengawal pertumbuhan bisnis dan operasional perusahaan, demi memastikan iklim investasi industri transportasi menuju ke arah yang semakin positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×