kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kementerian ESDM mulai lelang 12 WK Migas pada kuartal I/2020


Rabu, 15 Januari 2020 / 19:47 WIB
Kementerian ESDM mulai lelang 12 WK Migas pada kuartal I/2020
ILUSTRASI. Direktur Utama PT Saka Energi Indonesia Tumbur Parlindungan (kanan) berbincang dengan Kepala Divisi Eksplorasi SKK Migas Shinta Damayanti (kiri) disela-sela acara kunjungan lapangan ke Blok Pangkah di Gresik, Jawa Timur, Jumat (31/8). PT Saka Energi Indon

Reporter: Filemon Agung | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan akan tetap melanjutkan proses lelang Wilayah Kerja minyak dan gas bumi (WK Migas) pada tahun ini.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Migas Kementerian ESDM Mustafid Gunawan mengungkapkan, lelang ditargetkan dapat dimulai pada akhir kuartal pertama 2020.

"Kita targetkan di Maret atau April bisa mulai lelang," ujar Mustafid di Jakarta, Rabu (15/1).

Mustafid melanjutkan, dari 12 WK yang akan dilelang, lima di antaranya merupakan WK Reguler dan lima lainnya adalah WK hasil studi bersama sementara sisa dua WK merupakan WK non-konvensional.

Baca Juga: Dorong kemudahan izin, SKK Migas luncurkan program one door service policy (ODSP)

Adapun, lelang WK Migas rencananya akan dilakukan bertahap dimulai dengan 10 WK Migas konvensional. Sementara untuk 2 WK non-konvensional diharapkan menyusul.

"Yang non-konvensional sudah lama, masih cari seperti apa (konsep) agar nonkonvensional lebih giat lagi," jelas Mustafid.

Sayangnya, Mustafid masih enggan buka-bukan soal 12 kandidat WK yang akan dilelang. Mustafid juga masih belum bisa mengonfirmasi apakah sejumlah WK yang sepi peminat pada lelang tahun 2019 akan dilelang ulang pada tahun ini.

Menurutnya, saat ini Kementerian ESDM tengah melakukan kajian seputar skema kontrak bagi hasil (Production Sharing Contract/PSC) yang akan diadopsi.

"Pimpinan (Menteri ESDM) kan mempersilahkan untuk memilih jadi kita siapkan kedua-duanya," terang Mustafid.

Baca Juga: Siapkan capex US$ 340 juta, simak rencana bisnis Medco Energi (MEDC) tahun 2020




TERBARU

Close [X]
×