kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kementerian ESDM targetkan regulasi tarif EBT rampung tahun ini


Selasa, 15 September 2020 / 16:19 WIB
Kementerian ESDM targetkan regulasi tarif EBT rampung tahun ini
ILUSTRASI. Menteri ESDM Arifin Tasrif


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan regulasi tarif energi baru terbarukan (EBT) dapat rampung pada tahun ini.

Menteri ESDM Arifin Tasrif bilang, persoalan tarif menjadi masalah dalam upaya pengembangan EBT, padahal potensi EBT tergolong melimpah di tanah air.

"Kami harapkan dalam tahun ini regulasi tarif EBT dapat selesai. Proses ini juga sudah melalui beberapa kali diskusi dengan para pelaku bisnis di sektor energi baru terbarukan, Pemerintah juga mengambil beberapa inisiatif antara lain misalnya untuk geothermal resiko eksplorasi akan diserap oleh Pemerintah, sehingga mengurangi resiko pada investor," ujar dia dalam diskusi virtual, Senin (14/9) malam.

Arifin melanjutkan, potensi EBT di Indonesia mencapai 417,8 GW, sementara pemanfaatan baru mencapai 2,5%. Adapun, sumber energi tersebut meliputi panas bumi, sinar matahari, biomassa dan sumber tenaga air.

Baca Juga: Menteri ESDM akui masalah tarif hambat pengembangan EBT

Menurut dia, pengaturan tarif bakal menjadi daya tarik bagi para investor. Tak hanya itu, penyelesaian masalah tarif juga dinilai memberikan kepastian return of investment yang lebih baik bagi para investor.

Sementara itu, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto dalam kesempatan yang sama bilang, penyusunan RUU EBT saat ini memang jadi prioritas DPR. Terlebih RUU EBT secara resmi masuk dalam Prolegnas 2020.

"Berjalan sangat kencang, sedang kami putar naskah akademik. Minggu depan akan kami susun dan bahas. Kami undang stakeholder dan masyarakat yang berkepentingan di EBT untuk webinar," ungkap Sugeng.

Tak sampai di situ, dia pun mengungkapkan, anggaran EBT dalam APBN 2021 bahkan telah disetujui dengan besaran mencapai Rp 1 triliun.

Sugeng menambahkan, salah satu contoh pengembangan panas bumi yang telah diinisiasi pemerintah yakni di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

"Eksplorasi oleh pemerintah akan kurangi resiko investor di panas bumi. Akan kita kembangkan di Sumba, mungkin nanti akan mengaliri (listrik) sampai Pulau Jawa," pungkas dia. 

Selanjutnya: Pertamina fokus pengembangan 4 pilar energi baru terbarukan (EBT)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×