kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kenaikan Jasa Angkutan Batubara Topang Kimerja RMK Energy (RMKE) Tahun 2021


Sabtu, 30 April 2022 / 19:40 WIB
Kenaikan Jasa Angkutan Batubara Topang Kimerja RMK Energy (RMKE) Tahun 2021
ILUSTRASI. Pekerja mengoperasikan alat berat saat bongkar muat batubara . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT RMK Energy Tbk (RMKE), perusahaan jasa logistik batubara terintegrasi, mencatatkan pertumbuhan kinerja keuangan dan operasional yang signifikan sepanjang tahun 2021. RMKE membukukan pendapatan bersih sebesar Rp 1,86 triliun pada 2021 atau naik sebesar 194% year on year (yoy) dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 635,24 miliar.

Kenaikan juga terjadi untuk laba bersih, RMKE membukukan laba bersih sebesar Rp 198,14 miliar ditahun 2021 atau naik 174% dibandingkan raihan 2020 sebesar Rp 72,64 miliar

Direktur Utama RMK Energy  Tony Saputra mengungkapkan, ki nerja keuangan yang positif ini didukung oleh peningkatan kinerja operasional perusahaan sepanjang 2021. RMKE mencatatkan volume angkutan batubara meningkat menjadi 6 juta ton pada 2021, atau meningkat sebesar 20% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Peningkatan pendapatan yang signifikan pada 2021 juga ditopang oleh kenaikan volume penjualan batubara sebesar 1,66 juta  ton atau naik sebesar 310% dibanding 0,4 juta ton pada periode sebelumnya.

Baca Juga: Emiten Batubara Genjot Produksi Selagi Harga Masih Tinggi

“Kinerja keuangan dan operasional yang positif sepanjang tahun 2021 didukung oleh kenaikan harga komoditas global, khususnya batubara. Kami memanfaatkan momentum harga ini dengan sangat baik dan berharap dapat terus berlanjut hingga sepanjang tahun ini,” kata Tony dalam keterangan resmi, Jumat (29/10).

Asal tahu saja, RMK Energy  menyediakan jasa angkutan batubara terintegrasi melalui jalur kereta dari kabupaten penghasil batubara di Lahat dan Muara Enim, Sumatra Selatan bersinergi dengan PT KAI (Persero). Selain itu, RMK Energy juga menjalankan bisnis trading batubara melalui salah satu anak usahanya, PT Royaltama Multi Komoditi Nusantara.

Mulai awal tahun ini, tambang batubara milik PT Truba Bara Banyu Enim (TBBE), salah satu anak usaha Perseroan telah mulai beroperasi, yang juga ikuti dengan mulai beroperasinya Train Loading System (TLS), fasilitas muat batubara yang berlokasi di Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim. 

 

TLS ini berlokasi di dalam konsesi IUP PT Truba Bara Banyu Enim (TBBE), salah satu anak usaha perusahaan. “Dengan beroperasinya TLS ini, diharapkan dapat menambah pendapatan Perseroan pada tahun ini,” jelas Tony.

Adapun, TLS Gunung Megang saat ini mengangkut batubara yang dihasilkan TBBE, namun kedepannya juga akan dimanfaatkan untuk mengangkut batubara milik Perusahaan tambang batubara lain di wilayah Muara Enim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×