kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diperpanjang Sampai Surabaya, Ini Kata Menhub


Jumat, 28 Oktober 2022 / 05:25 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diperpanjang Sampai Surabaya, Ini Kata Menhub
ILUSTRASI. Pemerintah membuka kemungkinan untuk melanjutkan pembangunan kereta cepat hingga Surabaya.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tidak hanya membangun proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung saja. 

Menurut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, pemerintah membuka kemungkinan untuk melanjutkan pembangunan kereta cepat hingga Surabaya. 

"Kereta cepat juga gitu kok, dibangun cuma Jakarta-Bandung banyak kok-nya, tapi kalau kita yakin ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya," kata Menhub Budi dalam acara "Sustainable Smart Transportation" secara virtual, Kamis (27/10/2022). 

Budi mengatakan, jika proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ini berlanjut, waktu tempuh dari Jakarta menuju Surabaya hanya membutuhkan waktu 4 jam. 

Ia mengatakan, konsep pembangunan kereta cepat ini dimulai dari Jakarta, Kawarang, Bandung, Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun dan Surabaya. 

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Meluncur Juni 2023, Harga Tiket Rp 150.000-Rp 350.000

"Jadi kita kawal benar kereta cepat ini konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama, jadi rencananya itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Yogjakarta, Solo, Madiun dan Surabaya. 4 jam mudah-mudahan bisa melaksanakan itu," ujarnya. 

Lebih lanjut, Budi mengatakan, landasan-landasan terkait rencana pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya ini harus dilaksanakan. 

Ia mencontohkan, proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sebelumnya sudah dibicarakan 15 tahun yang lalu dan baru kini berhasil dibangun. 

"Jadi kita letakan dulu landasan itu, tahu MRT, itu sudah dibahas 15 tahun, pak Jokowi berani kita mulai pembangunan MRT dan terjadi dan bisa," ucap Menhub Budi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhub: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Diperpanjang sampai Surabaya"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Akhdi Martin Pratama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×