kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45769,82   10,44   1.37%
  • EMAS915.000 -0,44%
  • RD.SAHAM -0.01%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Kinerja Aneka Tambang (ANTM) di kuartal I dan II diprediksi tertekan corona


Senin, 20 April 2020 / 19:14 WIB
Kinerja Aneka Tambang (ANTM) di kuartal I dan II diprediksi tertekan corona
ILUSTRASI. Seorang pelayan memperlihatkan emas batangan atau logam mulia di Toko Emas Buana, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (20/3/2020). Harga logam mulia milik PT Aneka Tambang (Antam) di toko emas ini pada Jumat, 20 Maret 2020 turun Rp 20.000 menja

Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Corona (Covid-19) ditaksir bakal berdampak terhadap kinerja PT Aneka Tambang Tbk di awal tahun ini. Emiten tambang mineral plat merah berkode ANTM di Bursa Efek Indonesia ini tengah menghitung dampak pandemi terhadap kinerja perusahaan.

Senior Vice President Corporate Secretary ANTM Kunto Hendrapawoko mengungkapkan, saat ini pihaknya sedang menghitung dan mengkaji skenario-skenario pandemi Covid-19 terhadap perusahaan.

Baca Juga: Ada corona, ini target produksi nikel dan emas Aneka Tambang (ANTM) rahun ini

"ANTM melihat kecenderungan akan ada dampak yang mengakibatkan dilakukannya penyesuaian-penyesuaian atas jalannya operasional Perusahaan," kata Kunto kepada Kontan.co.id, Senin (20/4).

Sayangnya, Kunto masih belum memaparkan detail skenario yang dimaksud. Yang jelas, sambungnya, sebagian pasar komoditas ANTM adalah pasar internasional. Sementara pandemi ini mengakibatkan beberapa negara melakukan kebijakan lockdown atau memperketat akses masuk. Termasuk di beberapa negara tujuan ekspor ANTM seperti di Tiongkok dan India.

Hal tersebut ditaksir bakal berdampak terhadap kinerja ANTM di tahun ini, setidaknya untuk periode Kuartal I dan Kuartal II. " Kondisi ini tentunya mempengaruhi kinerja Perusahaan jika pandemi ini masih berlangsung dalam waktu yang lama. Mungkin akan memengaruhi kinerja bisnis ANTM terutama di kuartal 1 dan awal kuartal 2 tahun 2020 ini," jelas Kunto.

Baca Juga: Harga emas 24 karat Antam turun Rp 10.000 per gram hari ini, Senin 20 April 2020

Oleh sebab itu, Kunto menjelaskan bahwa target operasional yang ditetapkan ANTM pada tahun 2020 bersifat dinamis dan terbuka untuk menyesuaikan tingkat penyerapan pasar dan harga komoditas.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×