kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.928.000   18.000   0,94%
  • USD/IDR 16.237   -59,00   -0,36%
  • IDX 7.204   -18,09   -0,25%
  • KOMPAS100 1.050   -5,82   -0,55%
  • LQ45 808   -2,58   -0,32%
  • ISSI 232   -0,90   -0,38%
  • IDX30 419   -2,36   -0,56%
  • IDXHIDIV20 491   -2,76   -0,56%
  • IDX80 118   -0,50   -0,42%
  • IDXV30 119   -1,87   -1,54%
  • IDXQ30 135   -0,26   -0,19%

Kisah Jamu Iboe yang Bertahan 112 Tahun Berbisnis dengan Inovasi Tradisi


Senin, 20 Juni 2022 / 22:51 WIB
Kisah Jamu Iboe yang Bertahan 112 Tahun Berbisnis dengan Inovasi Tradisi
ILUSTRASI. Produk-produk Jamu Iboe


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah resmi membuka pendaftaran pada awal Juni pekan lalu, saat ini program dan ekosistem kewirausahaan Diplomat Success Challenge 2022 (DSC 2022) tengah fokus dalam rangkaian kegiatan roadshow

Salah satunya melalui gelaran DSC Mini Event yang diselenggarakan bersama para mitra lokal di 7 Kota/Kabupaten. 

Dalam DSC Mini Event pada (14/6), Sidoarjo menjadi kota pertama yang disambangi. Sesi berbagi dan bertukar pikiran bersama teman-teman entrepreneur di Sidoarjo dan sekitarnya ini berfokus pada tema “Adaptasi Produk Tradisi Lintas Generasi”.

Turut hadir Product Group Manager PT Jamu Iboe Jaya, Perry Angglishartono, sebagai Local Hero Business di Jawa Timur.
 
Kisah Jamu Iboe, 112 Tahun Berbisnis dengan Inovasi Tradisi.

Nama Jamu Iboe merupakan perusahaan jamu tertua di Indonesia yang berasal dari Jawa Timur dan berdiri sejak tahun 1910 dan kini telah memasuki usia 112 tahun.

Baca Juga: Industri Jamu Meramu Produk Melawan Covid-19, Ada Juga Produk Baru

Di tahun 1930-an, Jamu Iboe mulai mengembangkan beragam produk akibat dari munculnya wabah batuk yang hampir mirip dengan kondisi pandemi tahun 2020. Oleh pemerintah dan tenaga kesehatan saat itu, Jamu Iboe pun dipercaya menjadi rujukan untuk memperbaiki kesehatan saat itu. 

Jamu Iboe terus bertumbuh, sehingga di tahun 1980-an pabrik Jamu Iboe pindah ke pabrik dan kantor yang lebih besar dengan memiliki luas area 2,3 Ha di Sidoarjo hingga sekarang. Saat ini, Jamu Iboe memiliki 150 item produk dengan 3 kategorinya, yaitu jamu tradisional, jamu modern dengan kapsul ekstrak, dan minuman kesehatan di mana dikembangkan jamu dengan citarasa non pahit.

Jamu Iboe juga menjadi salah satu perusahaan yang bertumbuh cukup baik di masa pandemi Covid-19. Penjualan mengalami peningkatan, terutama untuk produk-produk jamu yang berhubungan dengan imunitas. Namun, tantangan cukup berat dirasakan pula oleh tim pemasaran dan distribusi Jamu Iboe. 

Di awal pandemi tahun 2020, perusahaan cukup kewalahan dengan adaptasi yang dituntut dengan cepat, mulai dari menjalankan pemasaran dengan konten, mengubah event dari offline menjadi online, mengadakan penjualan antar sampai rumah, dan lain sebagainya.

Menurut Perry Angglishartono selaku Product Group Manager PT Jamu Iboe Jaya, saat ini ada disrupsi besar yang tengah kita hadapi, yaitu Millennial Disruption dan Digital Disruption.

Millennial Disruption menghantam permintaan (demand) sehingga produk yang ada di pasar dituntut untuk terus kreatif dan berinovasi. Sedangkan, Digital Disruption menghantam penawaran (supply). 

Inilah yang menjadi tantangan bagi perusahaan senior dengan umur puluhan bahkan ratusan tahun.

Baca Juga: Kenaikan Harga Komoditas Membayangi Kinerja Emiten Barang Konsumsi

“Dari sini jelas, bagi pelaku usaha yang telah bertahan lintas generasi dengan produk yang mempertahankan tradisi, sangat penting untuk mengembangkan dan melakukan inovasi pada produk. Selain itu dari sisi pemasaran, pelaku usaha harus melek dengan pemasaran dan distribusi omnichannel, baik online maupun offline. Fokus ke penjualan di marketplace/e-commerce yang akan memudahkan konsumen menemukan produk, investasikan pula SDM untuk melakukan penjualan online,” tutur Perry dalam siaran pers, Senin (20/6). 

Bisnis lintas generasi seperti Jamu Iboe merupakan salah satu contoh dari bisnis yang berkelanjutan yang berdampak sosial. Siapa yang tidak ingin bisnisnya langgeng sampai puluhan bahkan ratusan tahun? Bisnis yang sustainable adalah impian banyak pebisnis, dan kini impian tersebut dapat terwujud.

DSC mengundang para entrepreneur Indonesia untuk siap wujudkan visi bisnismu dan #BikinGebrakan! Segera daftarkan diri dan bisnismu sebelum 19 September 2022. Seluruh syarat & ketentuan, detail dan alur kompetisi, sekaligus platform untuk mendaftarkan diri ke DSC 2022 sudah dapat diakses melalui situs www.diplomatsukses.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Banking Your Bank

[X]
×