kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45739,66   -14,52   -1.93%
  • EMAS1.007.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KKP siapkan serap produksi perikanan budidaya di tengah Covid-19


Rabu, 01 April 2020 / 17:34 WIB
KKP siapkan serap produksi perikanan budidaya di tengah Covid-19
ILUSTRASI. Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (kedua kanan) meninjau kapal pencuri ikan berbendara Vietnam di Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Pontianak di Sungai Rengas, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (9/1/2020).

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mengatakan pemerintah tengah berupaya untuk menyerap produk perikanan budidaya di tengah penyebaran pandemi Covid-19.

Edhy mengatakan, melihat penyebaran Covid-19 saat ini memang berdampak pada penurunan penyerapan ikan budidaya sekitar 10% hingga 20% lantaran banyaknya aktivitas yang terhenti.  Sementara, berdasarkan data KKP, potensi panen perikanan budidaya masih besar.

"Untuk udang itu sendiri ada 110.000-an potensi panen di April, Mei dan Juni. Untuk perikanan lain, yang budidaya air tawar dan laut ada 140.000-an dalam 3 bulan ke depan," ujar Edhy dalam konferensi pers yang dilakukan secara virtual, Rabu (1/4).

Baca Juga: KKP usulkan opsi serap produksi nelayan akibat Covid-19

Karena itu, Edhy pun mengatakan pemerintah sedang menyiapkan langkah untuk menyerap produksi perikanan budidaya tersebut. Dia mengatakan, pemerintah akan berupaya melakukan pembelian.

"Pertama, pemerintah akan melakukan pembelian. Di menteri sosial itu kan ada anggaran. Kami sudah berkoordinasi dengan menteri sosial, tinggal teknisnya seperti apa," tambah Edhy.

Dia juga mengatakan pihaknya tengah berupaya menyediakan stimulus untuk sektor perikanan budidaya.

Edhy mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan berbagai hal terkait dengan kesiapan KKP upaya penyerapan tersebut. Salah satu hal yang disiapkan adalah cold storage baik miliki KKP, BUMN hingga swasta.

Menurut Edhy, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan berapa banyak cold storage yang ada, mana yang beroperasi dan tidak, serta mana yang tidak beroperasi karena memang tidak digunakan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×