Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah Tokopedia dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) berkolaborasi menghadirkan layanan keuangan digital berupa kartu kredit Tokopedia Card dinilai sangat tepat.
Dengan adanya fasilitas pembayaran tambahan tersebut akan melengkapi sistem pembayaran di platform Tokopedia sekaligus memperkuat ekosistem perusahaan induk PT GoTo Gojek Tokopedia (GoTo).
Pakar bisnis sekaligus Managing Partner Inventure Yuswohady mengatakan, kolaborasi antara perusahaan e-commerce dengan perusahaan di sektor lain tengah menjadi tren. Hal itu dilakukan untuk melengkapi berbagai kebutuhan pengguna dan menawarkan kemudahan dalam satu platform yang terintegrasi.
Saat ini Tokopedia memiliki basis pengguna yang sangat besar yang dapat menjadi salah satu channel bagi BRI dalam memasarkan produknya. Di sisi lain, Tokopedia mendapat tambahan metode pembayaran bagi penggunanya.
Baca Juga: GoTo Catatkan Kenaikan 2 Kali Lipat Pemesanan Kendaraan Listrik Electrum di Gojek
Tambahan pilihan pembayaran dengan kartu kredit juga dapat meningkatkan transaksi di e-commerce karena menjadi lebih mudah bagi konsumen untuk berbelanja barang dengan nilai yang lebih tinggi. Hal ini diyakini berdampak positif terhadap bisnis dan ekosistem GoTo.
“Tujuan kolaborasi ini adalah untuk memperkuat ekosistem dan kolaborasi ini win-win solution bagi semua pihak. Begitu pun ketika Tokopedia dengan Gojek bergabung menjadi GoTo, dimana yang satu menguasai bisnis transportasi dan satunya di e-commerce, jadi kolaborasi ekosistem,” kata Yuswohady dalam keterangannya, Selasa (7/6).
Dengan terbangunnnya ekosistem yang semakin besar, lanjut Yuswohady, maka akan terbangun bisnis yang bersifat consumer centric, dimana semua kebutuhan konsumen dapat dipenuhi dalam satu platform.
Dengan ekosistem yang sudah dibangun tersebut, menurut Yuswohady, membuat Tokopedia bisa masuk ke bisnis apapun.
Dengan adanya Tokopedia Card, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pengguna Tokopedia, tidak hanya dalam berbelanja, namun juga dalam mengajukan aplikasi kartu kredit dan memantau penggunaan kartu kredit tersebut.
Kemudahan lainnya untuk pemegang Tokopedia Card termasuk gratis biaya tahunan dengan syarat transaksi 3 kali per bulan, bebas biaya layanan cicilan untuk transaksi cicilan 0% di Tokopedia, dan skema cashback GoPayCoins untuk transaksi merchant daring maupun offline.
“Makanya waktu itu start-up melakukan “bakar duit”, merupakan investasi dalam membangun pola, membangun ekosistem, melengkapi layanan dan basis konsumen itu. Jadi sekarang mereka tinggal memanen apa yang sudah dia bangun,” katanya.
Baca Juga: Harga Saham BBCA & GOTO Beda Arah di Perdagangan Bursa Selasa (7/6)
Sebelumnya, Co-Founder and Director Tokopedia Leontinus Alpha Edison mengatakan, hadirnya Tokopedia Card akan melengkapi sistem pembayaran digital di platform Tokopedia yang sudah ada, seperti GoPay.
Terlebih saat ini masyarakat lebih memilih pembayaran secara nontunai, salah satunya melalui kartu kredit.
“Yang jadi favorit pengguna kartu kredit karena adanya keringanan cicilan. Jadi teman-teman bisa melakukan pembayaran dengan mudah karena bisa dicicil," kata Leontinus.
Dengan adanya pembayaran bertahap melalui Tokopedia Card ini, juga akan memudahkan konsumen dalam mengatur pengeluaran mereka. Harapannya, kerjasama dengan BRI ini bermanfaat bagi Tokopedia dalam meningkatkan loyalitas konsumen dalam berbelanja di platformnya.
Peningkatan loyalitas dan basis konsumen akan membuat Tokopedia menjadi lebih efisien dalam menjaring pengunjung dan meningkatkan transaksi di platformnya.
Berdasarkan data situs agregator belanja online, iPrice, total pengunjung Tokopedia pada Januari-Maret 2022 mencapai 157 juta orang dan menjadikan e-commerce lokal tersebut menjadi toko belanja daring paling diminati di Indonesia sepanjang kuartal I 2022.
Baca Juga: Kevin Aluwi Masuk Dewan Komisaris GoTo, Andre Soelistyo Jadi CEO Gojek
Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, berdasarkan Consumer Payment Attitude Study terbaru Visa terhadap 1.000 responden di Indonesia menunjukkan bahwa 7 dari 10 konsumen telah menggunakan aplikasi atau website untuk berbelanja pertama kali sejak terjadinya pandemi.
Data studi tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan konsumen menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, baik secara online maupun secara tatap muka menggunakan fitur contactless.
“Hadirnya Tokopedia Card menjadi upaya nyata Tokopedia, BRI, dan Visa untuk bersama-sama mendukung misi pemerintah menuju masyarakat nontunai,” kata Riko.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News