kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Konstruksi jalur Pantura akan diperkuat


Kamis, 11 Juli 2013 / 12:15 WIB
Konstruksi jalur Pantura akan diperkuat
ILUSTRASI. Saat ini, Anda bisa menemukan berbagai jenis rumput taman dengan tampilan dan karakteristik yang berbeda-beda.


Reporter: Fahriyadi |

JAKARTA.‪ Kementerian Pekerjaan Umum (PU) tengah menyiapkan konstruksi lebih permanen untuk jalan nasional di jalur Pantai Utara (Pantura) Jawa sepanjang 1.100 kilometer. Rencana ini sesuai dengan amanat pembangunan berkelanjutan.

"Kami berharap usia jalan bisa lebih panjang lagi meskipun untuk investasi awal membutuhkan biaya lebih besar, mengingat beban jalan Pantura sangat besar sebagai urat nadi perekonomian," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PU, Djoko Murjanto dalam siaran pers, Kamis (11/07)

Djoko me­nga­takan saat ini lalu lintas per hari di jalur Pantura mencapai 45 ribu kendaraan untuk 4 lajur. Padahal normalnya jalan ini maksimal hanya menanggung beban 25 ribu ken­daraan per hari.

Di jalan Pantura, lanjut Djoko telah ditetapkan kebijakan untuk meningkatkan kekuatannya menjadi MST (muatan sumbu terberat) 10 ton, dari kondisi sebelumnya MST 8 ton, sehingga usia jalan ditargetkan bisa 20 tahun dibanding kondisi saat ini yang rata-rata masih 10 tahun.

“Untuk keamanan, dua minggu sebelum Lebaran dirasa cukup aman untuk dilalui kendaraan," ujar Djoko.

Untuk itu, Djoko mengimbau kepada pemerintah daerah, untuk ikut menyiapkan jalur-jalur alternatif yang akan dilalui oleh pemudik. Jalur alternatif memang bukan jalur utama, tetapi jika terjadi kemacetan, pemudik biasanya mengambil jalur alternatif tersebut.

Ia juga meminta seluruh pengguna jalan, untuk mengerti bahwa aturan tentang beban jalan bukan hanya akan merusak jalan, akan tetapi keselamatan bagi para pengendara, keuntungan dari beban berlebih tidak akan sebanding dengan keselamatan para pengguna jalannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×