kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kontribusi Tokopedia ke GDP Sulawesi Selatan diprediksi capai Rp 1,44 triliun


Kamis, 07 November 2019 / 13:18 WIB
Kontribusi Tokopedia ke GDP Sulawesi Selatan diprediksi capai Rp 1,44 triliun
Media Briefieng Tokopedia di Makassar, Sulawesi Selatan.

Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - MAKASSAR. Tokopedia berdasarkan riset LPEM FEB UI pada tahun lalu mencatat gross merchandise value (GMV) menembus Rp 73 triliun. Dari jumlah tersebut Tokopedia berkontribusi Rp 523,62 miliar terhadap GDP (produk domestik bruto) Sulawesi Selatan.

Tahun ini, GMV Tokopedia diperkirakan akan meningkat menjadi Rp 222 triliun atau setara dengan 1,5% perekonomian Indonesia. Sedangkan kontribusi terhadap GDP Sulawesi Selatan pada tahun ini diperkirakan akan mencapai Rp 1,44 triliun.

Baca Juga: Tokopedia memiliki 6,6 juta seller yang sebagian besar merupakan ultra mikro

Ekhel Chandra Wijaya, External Communications Lead Tokopedia menyebut pihaknya turut berkontribusi terhadap total pendapatan rumah tangga Sulsel pada tahun lalu mencapai Rp 160,37 miliar. Jumlah tersebut diprediksi akan meningkat menjadi Rp 440,13 miliar di tahun ini.

"Di Sulsel pertumbuhan seller cukup signifikan sampai 59% dari tahun 2018 ke 2019. Penjualan dari Sulsel yang ke luar pulau itu lebih dari 30%," ujarnya di Makassar, Kamis (7/11).

Pada tahun lalu, penjualan produk kategori alat olahraga dan kesehatan menjadi dua produk yang paling populer di Sulsel. Yang jelas, pihaknya berkomitmen untuk terus releban dengan kebutuhan masyarakat melalui berbagai inisiatif di tingkat lokal.

Baca Juga: Terkait dual listing, Tokopedia : Nanti setelah ekonomi digital merata

Saat ini Tokopedia terus bertransformasi menjadi super ecosystem untuk mengakselerasi pemerataan ekonomi digital di Indonesia. Dengan lebih dari 6,6 juta penjual dan menjangkau 97% kecamatan di Indonesia serta menawarkan lebih dari 200 juta jenis produk terdaftar dengan harga transparan.

"Bagi kami, Makassar lebih penting daripada Manila dan Sukanagara lebih penting dibandingkan Singapura," lanjutnya.

Berdasarkan riset LPEM FEB UI sejak tahun lalu sampai saat ini Tokopedia berhasil menciptakan 857 ribu lapangan kerja baru. Pesebarannya meliputi DKI Jakarta sebanyak 207.177 lapangan kerja, Jawa Barat 172.348 lapangan kerja, Jawa Timur 112.488 lapangan kerja.

Baca Juga: Bangun super ecosystem, Tokopedia fokus kolaborasi

Selain itu di luar Jawa tertinggi terdapat di Bali sebanyak 25.699 lapangan kerja, Sumatra Utara sebanyak 21.746 lapangan kerja, Sulawesi Selatan 7.194 lapangan kerja dan Nusa Tenggara Barat sebanyak 3.001 lapangan kerja dan provinsi lainnya




TERBARU

Close [X]
×