kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tokopedia memiliki 6,6 juta seller yang sebagian besar merupakan ultra mikro


Selasa, 05 November 2019 / 21:27 WIB
Tokopedia memiliki 6,6 juta seller yang sebagian besar merupakan ultra mikro
ILUSTRASI. achmad.ghifari-Dok. Tokopedia-Tokopedia meluncurkan program loyalitas terbaru ?TokoMember'


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tokopedia menyampaikan per hari ini pihaknya memiliki 6,6 juta seller yang sebagian besar merupakan kategori ultra mikro atau pebisnis dengan penghasilan di bawah Rp 100 juta per bulan. Namun kontribusi pebisnis ultra mikro ini terhadap ekonomi domestik ternyata memiliki dampak yang besar.

Leontinus Alpha Edison, Co Founder Tokopedia menyebut tahun lalu berdasarkan riset LPEM UI, kontribusi Tokopedia terhadap perekonomian Indonesia mencapai 1%. Salah satunya adalah sumbangsih dari para pebisnis ultra mikro tersebut, bahkan di akhir tahun nanti proyeksinya Tokopedia bisa berkontribusi 1,5% dari perekonomian nasional.

“Ultra mikro itu pebisnis yang penghasilannya di bawah Rp 1 juta (per tahun), visi misi kami siapapun bisa mulai apapun dan mencari apapun di Tokopedia. Jadi partner kami bisa siapa saja, baik pebisnis sedang, kecil maupun besar,” ujarnya di Jakarta, Selasa (5/11).

Baca Juga: Terkait dual listing, Tokopedia : Nanti setelah ekonomi digital merata

Apalagi dengan penetrasi ke wilayah lain dengan lebih luas, riset LPEM UI menemukan bahwa Tokopedia bisa memberikan tambahan tenaga kerja baru 10,3% pada tahun lalu atau setara 857.000 tenaga kerja dengan 309.000 tenaga kerja diantara benar-benar menggantungkan hidupnya dari Tokopedia.

Selain itu, dirinya menyebut kehadiran Tokopedia di daerah-daerah pelosok juga membantu penurunan harga barang mencapai 21% dan peningkatan penjualan merchant-merchant miliknya di kisaran 22%. Oleh karena itu, ke depan penetrasi perusahaan ke berbagai wilayah di tanah air akan terus dilakukan.

“Kami sudah MoU dengan Kementerian Desa, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil untuk turun ke desa-desa dan bikin Tokopedia Center dan Tokopedia Corner. Tim merchant-merchant kami turun ke lapangan dan melakukan training, banyak yang kami lakukan hanya jumlahnya harus diperbanyak lagi,” katanya.

Baca Juga: Tokopedia bersiap IPO di dua negara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×