kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ku Ka, wadah produk lokal jadi terkenal akan tampil dalam bentuk aplikasi


Senin, 15 Juli 2019 / 07:05 WIB

Ku Ka, wadah produk lokal jadi terkenal akan tampil dalam bentuk aplikasi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Membicarakan mengenai Indonesia tak hanya pada beragamnya budaya, eloknya alam dan beragamnya bahasa daerah. Produk asli atau lokal Indonesia juga tak kalah jumlahnya. Mulai dari kain, kerajinan, kuliner, aksesoris, sepatu , tas dan masih banyak lagi jenisnya.

Melihat potensi banyak produk lokal Indonesia membuat Ku Ka hadir menjadi wadah para brand lokal untuk menujukan eksistensi diri. Kuka.co.id merupakan marketplace bagi produk-produk lokal Indonesia mulai dari fashion, kuliner, kecantikan, kriya, hingga barang antik.

General Manager Ku Ka Rilia Marina Lalamentik menjelaskan, Ku Ka berawal dua platform yaitu Kuka.co.id yang berisi produk-produk lifestyle dan Kedai Kuka.co.id difokuskan untuk produk makanan dan minuman sejak launching pada tahun 2015 silam. Kini dua platform tersebut dilebur menjadi satu dalam Kuka.co.id pada 2019.

"Dulu kita dua platform karena mau lihat dulu pasar seperti apa, nah sejalannya waktu empat tahun Ku Ka berjalan melihat data yang kita temukan di lapangan terbentuk masing-masing segmen. Jadi yang aktif di Kuka.co.id kurang tahu Kedai Ku Ka, dan gitu sebaliknya. Jadi sekarang dijadikan satu," jelas Rilia kepada Kontan.co.id.

Selain melalui Ku Ka, produk lokal Indonesia juga bisa dipasarkan melalui platform Ku Ka lain yaitu Rukuka.com. Berbeda dengan Kuka.co.id, RuKuKa atau Rumah Ku Ka berisi produk-produk kualitas premium yang ditujukan bagi pasar global.

"Rukuka istilahnya premium produk, terpisah platformnya, dan target global. Di RuKuKa kebanyakan produk dari desainer serta barang lebih eksklusif jadi stok sedikit," sambung Rilia.

RuKuKa kini dapat melakukan penjualan produk lokal Indonesia ke Malaysia, Singapura, Jepang dan Amerika.

Saat ini Ku Ka sedang terfokus untuk rebranding mengingat rencana meluncurkan aplikasi Ku Ka pada akhir tahun ini. Dengan fokus saat ini maka platform yang pernah mengikuti pameran Amazone Fashion Week di Tokyo Jepang ini tengah melakukan evaluasi lantaran ada beberapa toko yang sudah tidak aktif di Ku Ka.

Ditargetkan evaluasi toko-toko yang ada di Ku Ka mampu rampung satu bulan ini. Saat ini sistem yang ada Ku Ka adalah jika seller tidak melakukan update akan produk jualan selama 1-3 bulan maka sistem akan otomatis menghapus toko tersebut.

Oleh karena itu Ku Ka terus memberikan informasi kepada seller untuk selalu meng-update toko mereka. "Nanti seller bisa konfirmasi sudah ngga jualan lagi atau gimana. Per hari 15 seller kita undang untuk bergabung," ungkap Rilia.

"Karena banyak faktor, bisa karena ganti haluan, bisa ganti produk atau konsep toko itu. Ada beberapa kendala teknis misal saking banyak marketplace dia buka jadi lupa password dan lainnya. Kita tahap bersih-bersih toko istilahnya. Misal kualitas produk turun kita juga akan kasih tau ke seller," imbuh Rilia.

Tahun lalu Ku Ka memiliki sekitar 5.000 seller namun di perkiraan setelah evaluasi tahun ini seller akan ada di angka sekitar 3.000 brand.

Bagi seller yang ingin bergabung bersama Ku Ka dapat melalui dua cara, yaitu mengunjungi website Ku Ka sendiri atau akan ada tim Ku Ka yang mengundang seller tersebut untuk bergabung setelah melihat seller memiliki kriteria yang sesuai dengan Ku Ka. Syarat seller dapat bergabung di Ku Ka adalah harus produsen dari brand tersebut.

Rilia menyebut bahwa untuk transaksi dalam sebulan disebut belumlah capai angka yang fantastis. Saban hari Ku Ka bisa mencapai sekitar 50 transaksi. Hal tersebut lantaran terkadang ketersediaan barang juga kerap menjadi kendala.

"Kadang ada toko yang ngga update keterangan di website, tapi kadang kita tawarkan buyer mau menunggu ngga. Itu kita belum banyak transaksi, 50 transaksi seharilah," kata Rilia.


Reporter: Ratih Waseso
Editor: Yudho Winarto
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.9693 || diagnostic_api_kanan = || diagnostic_web = 1.1062

Close [X]
×