kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kuartal I 2022, Penjualan Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Meningkat 12%


Selasa, 31 Mei 2022 / 18:10 WIB
Kuartal I 2022, Penjualan Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Meningkat 12%
ILUSTRASI. Presiden Direktur PT Panca Mitra MultiPerdana Martinus Soesilo melihat udang yang tiba di pabrik PT Panca Mitra MultiPerdana di Situbondo, Jatim, Minggu (18/3/2018).


Reporter: Vina Elvira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Emiten pengolah makanan beku berbasis udang, PT Panca Mitra Multiperdana Tbk (PMMP) berhasil mencatat kinerja positif pada awal tahun 2022.

Mengutip laporan keuangan interim perseroan per 31 Maret 2022, Panca Mitra Multiperdana mampu mencatatkan penjualan bersih sebesar US$ 60,8 juta, meningkat 12% secara year on year (yoy), dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar US$ 54,3 juta.

Laba kotor perseroan juga meningkat 13,7% yoy menjadi US$ 12,7 juta dari pencapaian tahun sebelumnya sebesar US$ 11,2 juta. 

Di sisi lain, PMMP mampu mencetak laba operasi sebesar US$ 6,3 juta pada kuartal I-2022, turun dibandingkan dengan laba operasi pada periode sebelumnya sebesar US$ 6,5 juta. 

Baca Juga: Panca Mitra Multiperdana (PMMP) Berniat Segera Gelar Rights Issue

Selanjutnya, PMMP tercatat meraup laba bersih sebesar US$ 3,6 juta pada kuartal I-2022. Nilai tersebut anjlok  20,4% yoy dibandingkan dengan laba bersih perseroan periode sebelumnya sebesar US$ 4,5 juta. 

Martinus Soesilo, Direktur Utama PMMP menyampaikan bahwa kenaikan penjualan tersebut didukung oleh fasilitas produksi baru milik perusahana, yakni pabrik ke-8 yang telah beroperasi penuh sejak Januari 2022. 

"Pabrik ke-8 kami sebenarnya telah mulai beroperasi sejak September 2021. Setelah 4 bulan beroperasi, per Januari 2022 kemarin utilitas pabrik ke-8 kami sudah hampir maksimal. Hal ini yang mendorong kenaikan penjualan kami per kuartal I 2022," ungkap Martin, dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, hari ini. 

Dia melanjutkan, PMMP pun mampu meningkatkan porsi penjualan Value Added Shrimp secara signifikan pada tahun ini, dengan kenaikan sebesar 63,3% yoy dibandingkan dengan pencapaian kuartal I-2021. 

Baca Juga: Tingkatkan Penetrasi Pasar Ekspor AS, Panca Mitra (PMMP) Hadiri Seafood Expo

"Dengan bertambahnya kapasitas produksi Perseroan, kami berhasil meningkatkan porsi penjualan produk Value Added Shrimp hingga mencapai 30% yoy per kuartal I-2022," tambah Martin.

Sebagai perbandingan, pada periode yang sama sebelumnya, porsi penjualan produk Value Added Shrimp hanya mencapai 19% yoy.




TERBARU

[X]
×