kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kurniamitra Duta (KMDS) ingin perluas jaringan distribusi


Rabu, 11 November 2020 / 19:43 WIB
Kurniamitra Duta (KMDS) ingin perluas jaringan distribusi
ILUSTRASI. Produk bahan minuman PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk (KMDS)


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk (KMDS) ingin terus memperluas jaringan distribusinya. Saat ini, distributor sirup monin tersebut tengah melakukan proses penjajakan dengan para calon mitra sub-distributor untuk Bangka Belitung, Manado, Sorong, dan Palu.

Direktur Utama PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk, Hengky Wijaya mengatakan, wilayah Bangka Belitung, Manado, Sorong, dan Palu memiliki potensi pasar yang cukup bagus. KMDS saat ini sudah memiliki basis pelanggan di wilayah-wilayah ini.

Hanya saja, memang selama ini penjualan KMDS di wilayah tersebut masih ditopang oleh distributor perusahaan di kota-kota terdekat dari wilayah-wilayah tersebut.

“Dengan adanya sub-distributor dapat lebih mengeksplorasi pasar dan dapat memberikan layanan yang lebih baik lagi,” terang Hengky kepada Kontan.co.id, Selasa (11/11).

Baca Juga: Hingga September, laba bersih Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) turun 49,33% yoy

Selama ini, sebagian besar penjualan KMDS memang masih berasal dari penjualan wi wilayah Pulau Jawa. Mengutip laporan keuangan perusahaan di kuartal III 2020, penjualan bersih KMDS di wilayah Pulau Jawa mencapai Rp 70,04 miliar atau setara dengan 83,95% dari total penjualan bersih perusahaan pada sembilan bulan pertama tahun ini. Sebanyak  Rp 13,38 miliar penjualan bersih sisanya berasal dari penjualan di luar Pulau Jawa.

Rencana ekspansi KMDS didasari oleh optimisme perusahaan akan prospek bisnis distribusi makanan dan minuman alias food & beverages (F&B) ke depan. Dalam hal ini, katalis positif dipercaya datang dari pertumbuhan penduduk yang komposisinya didominasi oleh penduduk berusia di bawah 30 tahun.

“Pada usia tersebut, banyak orang ingin menikmati berbagai minuman seperti kopi, susu, teh, maupun minuman kekinian campuran dengan tambahan tapioca pearl (boba), jelly, sirup, maupun selai serta campuran-campuran lain,” kata Hengky.

Untuk memantapkan amunisi, KMDS mengembangkan beberapa menu perusahaan yang sudah ada sebelumnya dengan menambah varian-varian baru. Target perusahaan, realisasi penambahan distribusi ke wilayah Bangka Belitung, Manado, Sorong, dan Palu bisa terealisasi pada tahun 2021 dengan melihat kondisi permintaan di masing-masing wilayah ini. Nantinya, perusahaan berencana memiliki minimal 1 titik distirbusi baru di wilayah-wilayah tersebut.

Menyoal dana, Hengky mengungkapkan bahwa perusahaan tidak menyiapkan dana khusus untuk membiayai agenda ekspansi perluasan jaringan distribusi ini, sebab perluasan jaringan distribusi ini dilakukan dengan menggandeng partner lokal setempat sebagai sub distributor.

Selanjutnya: Pasar lesu, begini target kinerja Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) di tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×