Reporter: Vina Elvira | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Eka Selaras Tbk (ERAL) melanjutkan rencana ekspansi pada tahun ini dengan target pembukaan toko baru sebanyak 60 toko.
Direktur ERAL Suryawati menyatakan target pembukaan toko baru tahun ini sama dengan tahun 2024.
Dengan demikian, alokasi belanja modal atau capital expenditure (Capex) yang disiapkan juga tak jauh berbeda dengan capex 2024 yakni sekitar Rp 38 miliar-Rp 40 miliar.
Pada kuartal pertama tahun 2025 sudah ada 10 toko baru yang dibuka perseroan dengan rincian 2 store Garmin, 2 Store Asics. 3 Store Under Armour, dan 3 Store JD Sports.
“Pembukaan ini mencerminkan komitmen berkelanjutan kami untuk memperkuat kehadiran merek dan meningkatkan jangkauan pelanggan di lokasi-lokasi strategis,” ungkap Suryawati, dalam Paparan Publik Virtual, Kamis (5/6) lalu.
Baca Juga: Anak Usaha Erajaya, Sinar Eka Selaras (ERAL) Tebar Dividen Rp 41,5 miliar
Meskipun memiliki rencana pertumbuhan toko yang cukup agresif, perseroan tetap memperhatikan kondisi ekonomi Indonesia saat ini.
Dengan demikian, pembukaan toko baru dilakukan secara bertahap guna memastikan setiap toko baru bisa memberikan kontribusi margin yang baik kepada perusahaan.
“Meskipun kami ini masih optimistis dan berusaha untuk mengejar pertumbuhan yang seperti diharapkan oleh investor dan stake holder kami, tapi kami juga sangat berhati-hati dalam investasi agar kondisi yang cepat berubah ini bisa kita hadapi dengan lebih baik,” ungkap Direktur Utama ERAL Djohan Sutanto.
Baca Juga: Erajaya (ERAL) Optimistis Pasar Mobil Listrik XPENG Masih Luas di Indonesia
Sebagai gambaran, hingga akhir Maret lalu, secara total ERAL sudah mengoperasikan 179 toko, yang terbagi ke dalam 3 kategori produk, yakni Lifestyle, active, dan smart.
Dari sisi kinerja keuangan, penjualan bersih ERAL tercatat mencapai Rp1,37 triliun di kuartal I-2025, atau tumbuh 25,6% (YoY) dibandingkan Rp1,09 triliun pada periode yang sama tahun lalu.
Pertumbuhan ini mencerminkan strategi distribusi dan pemasaran yang efektif, termasuk optimalisasi kanal ritel dan kontribusi yang semakin kuat dari segmen lifestyle.
Laba bersih pun meningkat menjadi Rp 42 miliar, naik sekitar 3,2% yoy dibandingkan kuartal I 2024 sebesar Rp40,6 miliar.
Baca Juga: Naik 29,81% , Sinar Eka Selaras (ERAL) Raih Penjualan Rp 4,84 Triliun pada 2024
Selanjutnya: Menilik Prospek PT Timah (TINS) Pasca Temuan BPK
Menarik Dibaca: BCA Hadirkan Layanan Transaksi Mata Uang Won Korea Selatan (KRW), Berikut Promonya!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News