kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Layani 991 perjalanan, pelayanan KRL diklaim masih berjalan normal


Senin, 16 Maret 2020 / 17:16 WIB
Layani 991 perjalanan, pelayanan KRL diklaim masih berjalan normal
ILUSTRASI. Para penumpang menggunakan masker kesehatan saat menumpang KRL Commuterline rute Serpong-Tanah Abang di Stasiun Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020). Perjalanan KRL Commuter Line diklaim masih berjalan normal seperti biasa dengan melayani 991 perjal


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perjalanan KRL Commuter Line pada Senin (16/3) ini berjalan normal seperti biasa dengan melayani 991 perjalanan yang meliputi seluruh lintas yaitu Bogor/Depok-Jakarta Kota pp, Bogor/Depok-Jatinegara pp, Cikarang/Bekasi-Jakarta Kota pp, Rangkasbitung-Tanah Abang pp, Tangerang-Duri pp, dan Tanjung Priok-Jakarta Kota pp.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba menjelaskan, sejak adanya pemberitahuan mengenai kuliah online, penutupan tempat umum dan destinasi wisata sejak Sabtu (14/3) Pengguna Jasa KRL turun 32%.

Baca Juga: Presiden minta menteri alihkan anggaran untuk dorong daya beli masyarakat

"Penurunan ini khususnya terlihat di sejumlah stasiun yang terdampak kebijakan ini yaitu, Stasiun Ancol (turun 59%), Stasiun Jakarta Kota (turun 38%), Stasiun Juanda (turun 25%), dan Stasiun UI (turun 17%)," ujar Anne dalam keterangan resmi, Senin (16/3).

Anne mengatakan, sampai siang ini juga terpantau ada penurunan jumlah pengguna jasa KRL. Dari data yang ada, pada hari Senin PT KCI normalmya melayani 1 juta hingga 1,1 juta pengguna dalam satu hari. Sementara hingga pukul 14.00 siang ini volume pengguna hanya mencapai 350 ribu.

"PT KCI memprediksi hari ini jumlah pengguna mencapai 700.000 – 800.000 (turun 27%). Sepertinya beberapa perusahaan juga sudah menerapkan anjuran work from home," katanya.

Anne menambahkan, dalam situasi saat ini, sebagai operator KRL Commuter Line PT KCI berupaya untuk tetap menyediakan layanan transportasi kepada masyarakat yang membutuhkan terutama petugas medis, pekerja di apotek, pekerja di sektor layanan publik dan hingga sektor logistik yang vital termasuk penyediaan bahan pokok.

Baca Juga: Jokowi singgung kebijakan Anies soal transportasi publik di tengah wabah virus corona

PT KCI juga mengajak para penggunanya mengikuti himbauan dari pemerintah untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Himbauan tersebut penting untuk mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Dengan KRL tetap beroperasi normal tanpa mengurangi frekuensi perjalanan, PT KCI berharap layanan ini dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak yang harus menggunakan transportasi publik.

"Dengan memperhatikan himbauan pemerintah tersebut, pengguna jasa yang masih menggunakan KRL tetap dapat menjaga jarak di dalam kereta dan saling mengingatkan agar kita bersama-sama dapat meminimalisir penyebaran virus," imbuh Anne.

Menurut Anne, sebelum menggunakan KRL, PT KCI juga mewajibkan pemeriksaan suhu tubuh untuk seluruh calon pengguna. Pemeriksaan ini wajib diikuti pengguna yang akan naik KRL di sejumlah stasiun termasuk stasiun-stasiun terpadat yaitu, Stasiun Bogor, Manggarai, Gondangdia, Juanda, Sudirman, Tanah Abang, Duri, Tangerang,  dan Rangkasbitung.

Selain itu, untuk menjaga kelancaran alur pengguna di stasiun, pemeriksaan di atur antara lain, pengguna yang akan naik KRL dari sembilan stasiun ini wajib masuk dari pintu akses stasiun yang menyediakan pemeriksaan suhu tubuh. Sementara di stasiun-stasiun lainnya, pemeriksaan suhu tubuh dilakukan secara acak dengan menyasar sebanyak mungkin pengguna KRL.

Baca Juga: Dampak wabah virus corona, 65 perguruan tinggi terapkan kebijakan kuliah jarak jauh

"Bagi mereka yang saat diperiksa suhunya melebihi 38 derajat celcius tentu akan diminta untuk tidak menggunakan KRL terlebih dahulu. Dalam menjalani pemeriksaan ini, PT KCI mengajak pengguna untuk tetap antri dengan tertib dan mengikuti pemeriksaan demi kesehatan bersama," jelasnya.

PT KCI juga menghimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, memperhatikan etika batuk dan bersin di ruang publik, gunakan masker, terutama bagi pengguna jasa yang sedang sakit maupun dalam masa pemulihan, kunjungi Pos Kesehatan Gratis KCI di 30 Stasiun jika merasa kurang sehat/tidak fit, dan tetap menjaga jarak diantara pengguna semaksimal mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×