Reporter: Merlinda Riska | Editor: Yudho Winarto
JAKARTA. Jelang lebaran, penjualan alas kaki termasuk sepatu bisa meningkat tiga hingga empat kali lipat dibanding bulan-bulan biasa. Omzet sepatu bisa mencapai Rp 6 triliun hingga Rp 8 triliun dalam satu bulan
Dua bulan jelang lebaran, pusat perbelanjaan kerap menawarkan potongan harga untuk alas kaki termasuk sepatu. Ketua Umum Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo), Eddy Wijanarto mengatakan bawah kegiatan lebaran menjadi kesempatan produsen amupun penjual sepatu menghabiskan stok lama dengan membanting harga.
"Kalau omzet bulan-bula biasa hanya Rp 2 triliun, bulan Juni Juli ini perkiraan bisa mencapai Rp 6-8 triliun. Trennya meningkat satu bulan sebelum puasa," kata Eddy pada KONTAN, Selasa (24/6).
Menurut Eddy, jelang lebaran omset naik tiga hingga empat kali lipat dibanding bulan biasa. Namun, sepuluh tahun sebelumnya, permintaan sepatu lokal jelang lebaran bisa naik hingga tujuh kali lipat.
"Sejak 10 tahun yang lalu variasi impor meningkat jauh di atas kita. Pembelinya punya pilihan lebih banyak dari impor,"ungkap Eddy.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News