kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lewat CrediMart, omzet pelaku usaha toko grosir naik 50% per hari


Sabtu, 11 Desember 2021 / 19:31 WIB
Lewat CrediMart, omzet pelaku usaha toko grosir naik 50% per hari
ILUSTRASI. Kurir mengantarkan pesanan dari toko grosir online berbasis web CrediMart oleh CrediBook kepada sebuah toko kelontong


Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Untuk membantu kinerja bisnis usaha kecil mikro dan menengah (UMKM), salah satunya usaha toko grosir, Aplikasi pembukuan digital UMKM CrediBook hadirkan sistem rantai pasok secara digital yaitu CrediMart.

Komitmen ini dilatarbelakangi oleh angka digitalisasi UMKM yang masih minim yakni 15,9 juta atau 24 persen dari jumlah total 64 juta UMKM di Indonesia.

Selain itu, Co-Founder dan CEO Credibook Gabriel Frans mengatakan, layanan CrediMart berangkat dari kondisi toko grosir konvensional yang mengalami rata-rata penurunan volume penjualan hingga 20 persen.

"Kehadiran CrediMart juga melihat pelayanan toko grosir konvensional yang kurang nyaman seperti antrean panjang, terbatasnya jangkauan pelanggan ritel 10-15 kilometer, keterbatasan metode pembayaran, serta potensi kerugian hingga 30 persen yang disebabkan oleh manajemen stok yang kurang baik," ujar Gabriel dalam keterangan resminya, Sabtu (11/12).

Baca Juga: Transaksi online sentuh Rp 23 triliun, CrediBook luncurkan 2 layanan baru

Sedangkan dalam menjalankan bisnis, pelaku UMKM membutuhkan layanan yang menunjang operasional usaha sehari-hari agar semakin kompetitif. Maka dari itu, selain menyediakan layanan pencatatan keuangan digital, CrediBook hadir sebagai ekosistem digital yang memudahkan kebutuhan operasional UMKM melalui CrediMart.

Cara CrediMart sebagai ‘Sahabat Grosir’ mendigitalisasi rantai pasok dan memudahkan proses pengadaan barang. Peritel dapat melakukan pemesanan kebutuhan melalui credimart.id/pesan.

"Setelah itu, toko grosir konvensional menerima pesanan melalui dashboard online khusus dan mempersiapkan barang. Setelah pesanan siap, CrediMart Assistant akan mengambil barang pesanan untuk diantarkan ke peritel.

Peritel kemudian akan menerima pesanan dalam waktu 1x24 jam dengan fleksibilitas metode pembayaran mulai dari tunai (COD), transfer, dan tempo," tambah Gabriel.

Berdasarkan laporan yang tercatat, rata-rata toko grosir konvensional rekanan CrediMart mengalami peningkatan omzet hingga 50 persen per hari.

Jangkauan transaksi yang diraih oleh pelanggan ritel naik hingga 25 – 50 kilometer. "Kami juga membantu meningkatkan jumlah pelanggan ritel aktif hingga 56 persen. Selain itu, manajemen stok lebih tertata sehingga meminimalisir penumpukan stok barang,” tutur Gabriel.




TERBARU

[X]
×