Reporter: Leni Wandira | Editor: Tri Sulistiowati
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), melalui lini bisnis suku cadang Aspira, menegaskan komitmennya di ajang MotoGP hingga 2027 bersama tim Gresini Racing. Keputusan ini dinilai bukan hanya langkah branding di kancah balap internasional, melainkan juga strategi memperluas penetrasi pasar komponen otomotif di level global.
Presiden Direktur AOP, Yusak Kristian Solaeman, menyebut kolaborasi dengan Gresini Racing terbukti mendongkrak eksposur merek Aspira di pasar domestik maupun ekspor.
"Sejak keikutsertaan kami di MotoGP, performa lini bisnis Aspira semakin dikenal baik. Bukan hanya dari prospek olahraga otomotif, tetapi juga dari sisi bisnis yang semakin positif,” ujarnya dalam acara Meet & Greet with Alex Marquez di Jakarta, Selasa (30/9).
Baca Juga: Pertamina Enduro VR46 Racing Team Luncurkan Livery Khusus Indonesia di GP Mandalika
Direktur AOP, Martogi Siahaan, menambahkan kerja sama dengan Gresini Racing bukan hal baru. Sejak 2013, Aspira sudah terlibat mendukung tim ini di kelas Moto2. Kini, saat Gresini berkembang menjadi salah satu tim kuat di MotoGP, sinergi tersebut diyakini akan semakin memperkuat posisi Aspira di pasar komponen aftermarket.
"Kami berharap ke depan bukan hanya populer, tetapi juga melahirkan prestasi bersama yang berdampak pada citra dan daya saing bisnis,” ujarnya.
Dari sisi industri, langkah ini sejalan dengan strategi AOP memperluas ekosistem otomotif, termasuk di segmen kendaraan listrik. Perusahaan tidak hanya fokus pada komponen konvensional seperti ban, aki, dan oli, tetapi juga mulai mengembangkan produk untuk mobil listrik, termasuk penyediaan charging point. Diversifikasi ini diharapkan memperkuat ketahanan bisnis AOP dalam jangka panjang.
Direktur Pemasaran Gresini Racing, Carlo Merlini, menyebut kerja sama dengan Aspira sebagai faktor penting dalam menjaga daya saing tim. “Kolaborasi dengan brand asal Indonesia ini menjadi pelecut semangat kami untuk terus tampil kompetitif di MotoGP,” katanya.
AOP menegaskan, melalui eksposur global MotoGP, merek Aspira kini semakin dikenal di berbagai negara tujuan ekspor. Dengan berlanjutnya kolaborasi hingga 2027, perusahaan menargetkan brand awareness dan kinerja penjualan di pasar internasional bisa tumbuh lebih konsisten.
Baca Juga: Begini Strategi ALVA Jaga Pertumbuhan Kinerja hingga Akhir Tahun
Selanjutnya: Pasar Kripto Terkoreksi, Zcash (ZEC) Justru Merangsek ke Top Gainers
Menarik Dibaca: Pasar Kripto Terkoreksi, Zcash (ZEC) Justru Merangsek ke Top Gainers
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News