kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.237.000   3.000   0,13%
  • USD/IDR 16.640   3,00   0,02%
  • IDX 8.044   -17,24   -0,21%
  • KOMPAS100 1.114   -2,28   -0,20%
  • LQ45 784   -9,49   -1,20%
  • ISSI 282   1,25   0,44%
  • IDX30 411   -4,49   -1,08%
  • IDXHIDIV20 468   -6,38   -1,35%
  • IDX80 122   -0,32   -0,26%
  • IDXV30 133   0,84   0,63%
  • IDXQ30 130   -1,49   -1,14%

Lewat MotoGP, Astra Otoparts Bidik Pertumbuhan Pasar Global


Rabu, 01 Oktober 2025 / 15:08 WIB
Lewat MotoGP, Astra Otoparts Bidik Pertumbuhan Pasar Global
ILUSTRASI. Display produk suku cadang kendaraan di booth PT Astra Otoparts Tbk (AUTO)  pada pameran otomotif GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang (27/7/2024). (KONTAN/Carolus Agus Waluyo). Astra Otoparts (AUTO), melalui lini bisnis suku cadang Aspira, menegaskan komitmennya di ajang MotoGP hingga 2027 bersama tim Gresini Racing


Reporter: Leni Wandira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO), melalui lini bisnis suku cadang Aspira, menegaskan komitmennya di ajang MotoGP hingga 2027 bersama tim Gresini Racing. Keputusan ini dinilai bukan hanya langkah branding di kancah balap internasional, melainkan juga strategi memperluas penetrasi pasar komponen otomotif di level global.

Presiden Direktur AOP, Yusak Kristian Solaeman, menyebut kolaborasi dengan Gresini Racing terbukti mendongkrak eksposur merek Aspira di pasar domestik maupun ekspor. 

"Sejak keikutsertaan kami di MotoGP, performa lini bisnis Aspira semakin dikenal baik. Bukan hanya dari prospek olahraga otomotif, tetapi juga dari sisi bisnis yang semakin positif,” ujarnya dalam acara Meet & Greet with Alex Marquez di Jakarta, Selasa (30/9).

Baca Juga: Pertamina Enduro VR46 Racing Team Luncurkan Livery Khusus Indonesia di GP Mandalika

Direktur AOP, Martogi Siahaan, menambahkan kerja sama dengan Gresini Racing bukan hal baru. Sejak 2013, Aspira sudah terlibat mendukung tim ini di kelas Moto2. Kini, saat Gresini berkembang menjadi salah satu tim kuat di MotoGP, sinergi tersebut diyakini akan semakin memperkuat posisi Aspira di pasar komponen aftermarket. 

"Kami berharap ke depan bukan hanya populer, tetapi juga melahirkan prestasi bersama yang berdampak pada citra dan daya saing bisnis,” ujarnya.

Dari sisi industri, langkah ini sejalan dengan strategi AOP memperluas ekosistem otomotif, termasuk di segmen kendaraan listrik. Perusahaan tidak hanya fokus pada komponen konvensional seperti ban, aki, dan oli, tetapi juga mulai mengembangkan produk untuk mobil listrik, termasuk penyediaan charging point. Diversifikasi ini diharapkan memperkuat ketahanan bisnis AOP dalam jangka panjang.

Direktur Pemasaran Gresini Racing, Carlo Merlini, menyebut kerja sama dengan Aspira sebagai faktor penting dalam menjaga daya saing tim. “Kolaborasi dengan brand asal Indonesia ini menjadi pelecut semangat kami untuk terus tampil kompetitif di MotoGP,” katanya.

AOP menegaskan, melalui eksposur global MotoGP, merek Aspira kini semakin dikenal di berbagai negara tujuan ekspor. Dengan berlanjutnya kolaborasi hingga 2027, perusahaan menargetkan brand awareness dan kinerja penjualan di pasar internasional bisa tumbuh lebih konsisten.

Baca Juga: Begini Strategi ALVA Jaga Pertumbuhan Kinerja hingga Akhir Tahun

Selanjutnya: Pasar Kripto Terkoreksi, Zcash (ZEC) Justru Merangsek ke Top Gainers

Menarik Dibaca: Pasar Kripto Terkoreksi, Zcash (ZEC) Justru Merangsek ke Top Gainers

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×