Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Masyarakat semakin menggemari kegiatan live shopping, yaitu berbelanja online secara langsung melalui siaran streaming. Berbagai platform media sosial hingga marketplace berlomba menyediakan fitur live streaming yang memungkinkan penjual memasarkan produk secara langsung sambil berinteraksi dengan pembeli.
Dalam survei Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Consumer Behavior on Live Shopping terungkap, promo merupakan faktor pemikat bagi masyarakat untuk membuka live shopping. “Konsumen cenderung masih membuka platform e-commerce untuk melihat-lihat dan mencari tahu deskripsi produk. Sementara fitur live shopping ntuk mencari promo terbaik dan mengetahui deskripsi produk yang lebih dalam,” ujar Direktur Riset KIC, Gundy Cahyadi, dalam rilis ke Kontan.co.id, Jumat (6/12).
Merujuk hasil survei, sebanyak 99% responden mengakui, faktor penawaran, diskon, harga, dan gratis ongkos kirim menyebabkan mereka tertarik belanja melalui live shopping. Sementara, 97% responden mengaku tertarik karena ragam produk dan 75% tertarik karena produk yang ditawarkan hanya dijual saat live shopping. “Di platform live shopping, host bisa membahas produk yang diinginkan konsumen untuk dipraktekkan penggunaannya,” kata Gundy.
Baca Juga: E-Commerce Berlomba Tingkatkan Layanan Menjelang Festival Belanja
Dalam hasil survei juga terungkap, kemudahan melihat penjelasan produk secara langsung menjadi alasan konsumen merasa nyaman belanja produk-produk lokal. Tren ini membuka peluang besar bagi brand lokal untuk semakin berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas.
Menurut Gundy, hal yang bisa diperhatikan oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) atau brand lokal adalah membangun cerita yang kuat di balik produk mereka. Sebab, cerita yang menarik bukan hanya memberikan nilai lebih, tetapi juga menjadi daya tarik utama bagi konsumen. Berdasarkan survei, sebanyak 36% responden merasa persepsi cerita di balik produk lokal sangat penting, sementara 51% menganggapnya penting. “Cerita yang menarik merupakan poin krusial bagi brand lokal untuk meningkatkan penjualan di live shopping,” tutur Gundy.
Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mendukung perekonomian domestik, live shopping bukan hanya memudahkan konsumen, tetapi juga menjadi platform yang efektif untuk meningkatkan daya saing produk lokal di pasar digital yang terus berkembang. Ini membuka peluang besar bagi brand lokal untuk lebih dikenal dan mendapatkan kepercayaan konsumen melalui interaksi langsung dan penawaran yang menarik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News