kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Lotteria target miliki 48 gerai sampai akhir tahun


Selasa, 30 Juli 2013 / 16:00 WIB
Lotteria target miliki 48 gerai sampai akhir tahun
ILUSTRASI. 4 Soft Skill yang Bermanfaat untuk Masa Depan Anak


Sumber: Kompas.com | Editor: Asnil Amri

JAKARTA. PT Lotteria Indonesia menargetkan membangun 48 gerai sampai akhir 2013. Saat ini restoran asal Korea Selatan itu sudah memiliki 26 gerai dari sebelumnya hanya 3 gerai di di Kelapa Gading, Bintaro dan Fatmawati.

Goenardjoadi Goenawan, Marketing Director PT Mondial Royal Fastana, mengatakan, dari 48 gerai itu 20% diantaranya dikembangkan dalam pola revenue sharing.  

"Pola ini kami kembangkan guna mempercepat development. Indonesia itu Luas, mencari lokasi itu perlu waktu. Jadi dengan mengundang pemilik ruko, pengembangan akan lebih efektif dan lebih cepat," ujar Goenardjoadi  dalam siaran pers yang diterima Kompas.com di Jakarta, Selasa (30/7).

PT Mondial Royal Fastana sendiri merupakan partner shareholder Lotteria Indonesia sejak Maret 2012. Mondial, berperan sebagai partner relation, store development, dan public relation. "Sedangkan operasional, product and service development dan finance digarap oleh PT Lotteria Indonesia," sebutnya.

Tahun ini, menurut Goenardjoadi, Lotteria masih fokus pengembangan di area Jabodetabek. "Mulai tahun depan mulai merambah ke kota lain sekitar Bandung, seperti Sukabumi, Cirebon, Tegal, Purwakarta, Cianjur, dll," katanya lagi.

Adapun konsep pengembangan Lotteria, menurut Goenardjoadi ada tiga arah yaitu; pertama, strategic partner dengan ritel besar termasuk diantaranya Lottemart, Lotte Shopping Avenue, Giant dan Hypermart.

"Lokasi di retailer besar merupakan prioritas kami.  Hubungan dekat dengan strategic partner terus dikembangkan.  Nantinya di masa mendatang setiap pergi ke Lottemart atau ke Giant kami senantiasa ada. Kerja sama kemitraan dalam bentuk revenue sharing," tambahnya.

Kedua, priority partner dengan pengusaha lokal yang ingin serius bekerja sama dengan Lotteria. Misalnya Vivin Sungkono CEO PT. Viva Dian Kencana @ Vidi Arena Pancoran. "Kami menjalin priority partner dengan lokasi tanah 1000 meter yang digunakan untuk store Lotteria stand alone. Beberapa lokasi sedang dalam taraf penjajakan di Jakarta selatan dan beberapa alternatif lokasi lain. Kerja sama kemitraan dalam bentuk revenue sharing," sebutnya.

Ketiga, beberapa priority partner lainnya, misalnya bagi pemilik ruko gandeng di pojok yang terletak di lokasi pusat keramaian misalnya pertigaan atau perempatan bisa bekerja sama dengan Lotteria dengan investasi Rp 1,5 miliar untuk biaya dekorasi dan peralatan dapur. Kerja sama sewa dengan bagi hasil revenue sharing selama 5 tahun sebesar 18 persen dari penjualan.

"Beberapa peminat kami diantaranya adalah Priority partner Lotteria wilayah Bali, Indonesia Timur dan Surabaya, Samuel Kristianto Luan-CEO Imperial Group Indonesia. Lokasi yang sedang dalam penjajakan adalah di jalan Teuku Umar Denpasar Bali," ujar Goenardjoadi.

Sekadar informasi saja, Lotteria merupakan gerai makanan dan minuman cepat saji dari Korsel Selatan. Tak kurang 1.100 gerai Lotteria tersebar di negara tersebut, 110 gerai di viatnam, 200 gerai di Jepang,  50 gerai di Myanmar, dan 50 gerai di China. (Erlangga Djumena/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×