kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.443.000   4.000   0,28%
  • USD/IDR 15.405   0,00   0,00%
  • IDX 7.812   13,98   0,18%
  • KOMPAS100 1.184   -0,59   -0,05%
  • LQ45 959   0,88   0,09%
  • ISSI 227   0,13   0,06%
  • IDX30 489   0,88   0,18%
  • IDXHIDIV20 590   1,24   0,21%
  • IDX80 134   -0,05   -0,04%
  • IDXV30 139   -1,25   -0,90%
  • IDXQ30 163   0,24   0,15%

Lupa Kata Sandi Business Insight? Cukup Akses Via Subscribe With Google


Senin, 03 Juli 2023 / 09:00 WIB
Lupa Kata Sandi Business Insight? Cukup Akses Via Subscribe With Google


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Berlangganan konten atau berita berkualitas dari berbagai media kini semakin mudah dengan layanan Subscribe with Google. Fitur yang dikembangkan oleh Google ini memang dirancang bagi Anda yang kesulitan mengatur email serta menghafal password (kata sandi).

Perkara lupa kata sandi (password) bukan tanpa sebab. Penelitian tim Universitas Rutgers, New Brunswick, AS, dan Universitas Aalto, Finlandia, menjelaskan, kata sandi sulit diingat karena metodenya yang berbasis teks. Supaya mudah diingat, seseorang biasanya akan memilih kata sederhana untuk dijadikan kata sandi.

Penelitian yang dipublikasikan pada 6 September 2018 lalu itu juga menunjukkan bukti bahwa memori manusia secara alami beradaptasi berdasarkan perkiraan seberapa sering kata sandi akan dibutuhkan. Kata sandi yang sering digunakan biasanya jarang dilupakan.

Hal ini sejalan dengan penelitian Joseph Bonneau dari Universitas Princeton, AS, dan Stuart Schechter dari Microsoft Research AS yang menunjukkan 88% peserta penelitian mampu mengingat kode rahasia 56-bit (enam kata atau 12 karakter) setelah tiga hari menghafal kata sandi secara bertahap dan digunakan berulang-ulang.

Asisten Guru Besar Departemen Teknik Listrik dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Rutgers Janne Lindqvist menjelaskan, kata sandi yang sulit memang membuat akun menjadi lebih aman karena tidak mudah diretas. Di sisi lain, kata sandi yang sulit juga membuat orang tertekan, terlebih harus diingat dalam banyak platform. 

"Banyak orang berjuang mengingat kata sandi karena saat ini kita banyak membutuhkannya. Mereka pun jadi frustrasi," kata Janne, seperti dilansir Kompas.id.

Beruntungnya, fitur Subscribe with Google memudahkan pengguna untuk mengakses portal berita dalam satu akun tanpa harus mengingat kata sandi lagi. Cara ini tentu lebih fleksibel karena satu akun Google dapat digunakan untuk berlangganan berbagai macam media. Fitur ini menjadi solusi bagi pengguna yang kesulitan menghafal kata sandi dan juga verifikasi data yang cukup lama.

Sebagai contoh, Anda sudah berlangganan Business Insight dari Kontan untuk mendapat berita bisnis dan investasi. Namun Anda lupa kata sandi yang telah didaftar. Sebagai solusinya, Anda cukup mengklik akun Google pada fitur Subscribe with Google yang sudah didaftarkan untuk mengakses Business Insight.

Dengan kemudahan tersebut, pembaca atau user tidak perlu lagi memasukkan email dan kata sandi sebelum masuk (login). Lebih dari itu, Google juga memudahkan pengguna untuk tetap membaca Business Insight tanpa perlu login ulang saat beralih perangkat dari laptop ke telepon genggam maupun sebaliknya. 

Selain itu, Subscribe with Google juga membantu pengguna mendapatkan metode pembayaran yang mudah. Melalui akun yang telah didaftarkan, pengguna dapat membayar biaya langganan jika ingin berlangganan platform atau media lainnya.

Hilangkan rasa frustasi Anda, mudahkan akses dengan Subscribe with Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×