kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akses Business Insight Semudah Subscribe with Google


Senin, 05 Juni 2023 / 09:00 WIB
Akses Business Insight Semudah Subscribe with Google


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Menyaring informasi melalui asupan jurnalisme berkualitas dapat mengurangi dampak negatif banjir informasi. Google memudahkan masyarakat mengakses konten jurnalisme berkualitas dengan layanan Subscribe with Google.

Saat ini, derasnya aliran informasi tak hanya bersumber dari kanal media arus utama. Jutaan informasi lalu lalang di media sosial setiap hari. Belum lagi ditambah informasi yang dibagikan melalui aplikasi percakapan di ponsel. Dengan terpaan informasi yang begitu masif, orang bisa kewalahan mengolahnya menjadi pemahaman.

Hasil survei Litbang Kompas pada tahun 2021 menunjukkan 28% responden menyatakan bosan atau jenuh terhadap situasi banjir informasi. Banjir informasi pun berdampak pada kemampuan orang memahami intisari informasi. Pada jajak pendapat yang dilakukan Litbang Kompas tersebut, sebanyak 41% responden mengaku bingung memahami inti informasi akibat situasi banjir informasi.

Media digital menjadi sumber utama tempat orang memperoleh informasi. Dalam laporan Digital News Report 2022 yang diselenggarakan Reuters Institute dan Universitas Oxford, tercatat bahwa 82% responden dari 46 negara memperoleh berita dari media digital. Khususnya di Indonesia, 88% responden menyebut memperoleh berita dari media digital. Responden lebih banyak mengakses berita dari media sosial, yaitu sebanyak 68%. Sementara itu, 20% responden menyatakan mendapatkan berita dari portal berita daring.

Meski mayoritas responden dalam studi tersebut masih mengakses berita secara rutin, sebagian responden mengatakan membatasi atau mengurangi konsumsi berita. Sebanyak 29% responden mengungkapkan alasan membatasi konsumsi berita karena meragukan kredibilitasnya.

Untuk mengurangi dampak negatif banjir informasi, masyarakat dapat menyaring informasi dengan memilih sumber informasi yang kredibel dan dapat dipercaya. Kelelahan atau kejenuhan menghadapi terpaan informasi bisa diantisipasi jika kita sudah mengetahui informasi apa yang ingin dicari dan sesuai dengan kebutuhan.

Pemahaman mengenai fakta dan peristiwa yang terjadi akan makin utuh jika berita disajikan secara berkualitas. Pada berita berkualitas, unsur “mengapa” dan “bagaimana” diulas lebih mendalam sehingga memberikan perspektif yang lebih kaya pada audiens. Banyak media daring yang menawarkan keunggulan ini melalui layanan berlangganan, termasuk Kontan.co.id dengan Business Insight.

Layanan Subscribe with Google

Business Insight menyediakan berita tuntas yang “mengenyangkan” pembaca. Isu ekonomi, bisnis dan investasi, serta berita dan analisis yang menjadi konten Business Insight dipilih dan disajikan dalam kemasan inspiratif berdasarkan data, hasil investigasi, serta praktik jurnalistik yang independen.

Untuk mengakses konten Business Insight, cukup klik “Insight” pada menu di bagian atas laman Kontan.co.id. Sewaktu mengakses konten Business Insight, Anda perlu berlangganan agar dapat membaca konten tersebut. Saat ini berlangganan Business Insight pun makin mudah dengan Subscribe with Google.

Caranya, klik tombol “Berlangganan dengan Google” yang tersedia di bawah keterangan paket berlangganan. Anda bisa memilih paket berlangganan 1 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan. Untuk langganan 1 bulan, biayanya Rp20.000/ bulan dengan bonus 7 hari pertama uji coba gratis. Jika berlangganan 6 bulan, Anda akan lebih hemat 17% dengan biaya Rp99.000 dari Rp119.000. Berlangganan selama 12 bulan diskonnya lebih besar lagi yaitu 21% dengan biaya Rp189.000 dari Rp239.000.

Saat memilih paket langganan, Anda akan diarahkan ke laman Google Pay dengan akun Google Anda. Jika sebelumnya Anda sudah pernah mendaftarkan kartu kredit atau debit di Google Pay pada akun Anda, tinggal klik “Subscribe” dan pembayaran pun selesai.

Anda dapat melihat info pembayaran serta transaksi langganan Business Insight dan dapat mengelola langganan di akun Google Anda. Selain itu, Anda bisa langsung mengakses konten Business Insight hanya dengan log in pada akun Google Anda. Anda tidak perlu lagi mengisi username atau password setiap akan membaca konten Business Insight. Sangat praktis, bukan?

Dengan Subscribe with Google, Anda dapat lebih nyaman berlangganan konten jurnalisme berkualitas yang tepercaya dan sesuai kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×