kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.508.000   10.000   0,67%
  • USD/IDR 15.930   -61,00   -0,38%
  • IDX 7.141   -39,42   -0,55%
  • KOMPAS100 1.095   -7,91   -0,72%
  • LQ45 866   -8,90   -1,02%
  • ISSI 220   0,44   0,20%
  • IDX30 443   -4,74   -1,06%
  • IDXHIDIV20 534   -3,94   -0,73%
  • IDX80 126   -0,93   -0,74%
  • IDXV30 134   -0,98   -0,72%
  • IDXQ30 148   -1,09   -0,73%

Map Aktif Adiperkasa (MAPA) Raup Pendapatan Bersih Rp 9,80 Triliun pada 2022


Kamis, 30 Maret 2023 / 10:59 WIB
Map Aktif Adiperkasa (MAPA) Raup Pendapatan Bersih Rp 9,80 Triliun pada 2022
ILUSTRASI. Pendapatan bersih MAPA untuk tahun 2022 tercatat sebesar Rp 9,80 triliun.foto/KONTAN/Daniel Prabowo


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) untuk sports, kids dan leisure, mengumumkan kinerja keuangan tahun 2022 yang telah diaudit.

Pendapatan bersih MAPA untuk tahun 2022 tercatat sebesar Rp 9,80 triliun, meningkat signifikan sebesar 62,2% dari Rp 6,04 triliun pada tahun 2021. Margin laba kotor MAPA naik sebesar 510 bps menjadi 47,9% dari 42,8%. 

Laba usaha MAPA tumbuh menjadi Rp 1,57 triliun dari Rp 475,16 miliar, sedangkan EBITDA naik dari Rp 1,1 triliun menjadi Rp 2,25 triliun. Adapun laba bersih MAPA melonjak menjadi Rp 1,17 triliun dari Rp 223,76 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Laba Bersih MAPA dan MAPB Meroket di 2022, Bisnis MAP Group Makin Bersinar

Khusus pada kuartal IV-2022, MAPA melaporkan pendapatan bersih sebesar Rp 2,98 triliun, atau naik 17,7% dari Rp 2,53 triliun yang tercatat di kuartal tiga. Margin laba kotor MAPA kembali normal pada 47,4% dari 49,8% pada kuartal III-2022, sehingga laba usaha menjadi Rp 452,58 miliar. 

EBITDA MAPA tercatat sebesar Rp 656,32 miliar, dengan laba bersih tumbuh sebesar 13,3% menjadi Rp 369,64 miliar dari Rp 326,14 miliar dari kuartal sebelumnya.

Ratih Darmawan Gianda, VP Investor Relations, Corporate Communications and Sustainability MAP Group menyatakan, penjualan MAPA didukung oleh permintaan pelanggan yang meningkat seiring dengan kembalinya aktivitas masyarakat yang sejalan dengan keberhasilan program vaksinasi oleh pemerintah. 

Pulihnya kegiatan masyarakat di kantor, sekolah dan mal, ditambah dengan meningkatnya frekuensi travelling memperkuat penjualan kami secara signifikan selama periode "back to school", lebaran, dan natal.

“MAPA mencatat hasil yang luar biasa di tahun 2022, meskipun terdapat gangguan rantai pasok dan tekanan inflasi. Pencapaian ini merupakan bukti nyata atas ketangguhan MAPA, para pelanggan, serta strategi ‘4 Pilar’ kami,” ungkap Ratih dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (29/3).

Salah satu kunci kesuksesan MAPA di wilayah ASEAN adalah kemampuan untuk menghadirkan brand dan layanan terbaik kepada pelanggan. MAPA bangga dapat memperkuat portofolio brand perusahaan di tahun 2022 dengan disepakatinya perjanjian kemitraan eksklusif untuk Foot Locker di Filipina dan Thailand, serta Converse dan Reebok di Malaysia dan Singapura.

 

MAPA terus meningkatkan kemampuan dalam menganalisis data, memanfaatkan MAPCLUB untuk memaksimalkan penjualan, meningkatkan average transaction value, dan menyempurnakan perencanaan inventori serta optimalisasi rantai pasok.

Manajemen MAPA akan terus berupaya untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan. Untuk ke depannya, MAPA akan lebih waspada terhadap situasi global serta berfokus dalam meningkatkan strategi merchandising, memperkuat model bisnis unified retail, dan membangun hubungan yang erat dengan para brand prinsipal. Hal ini akan menjadikan MAPA sebagai perusahaan yang lebih besar, lebih kuat, dan tangguh pada tahun-tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×